kumparan
search-gray
Politik30 Agustus 2018 16:53

JK: Jokowi - Prabowo Berlawanan Tapi Tetap Berpelukan

Konten Redaksi kumparan
Momen Jokowi dan Prabowo berpelukan dengan atlet Pencak Silat di Asian Games 2018
Momen Jokowi dan Prabowo berpelukan dengan atlet Pencak Silat di Asian Games 2018 (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah berhasil membuat Presiden Jokowi dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto berpelukan bersama. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang saat itu menyaksikan momen tersebut ikut berkomentar.
ADVERTISEMENT
JK mengatakan, meskipun Jokowi dan Prabowo berlawanan di Pilpres 2019, namun keduanya tetap menunjukkan sikap akrab. Saat itu, seluruh masyarakat langsung menyaksikan kejadian tersebut melalui media.
"Dengan melihat, Anda punya foto saja di koran atau di TV, kan rakyat sudah tahu. Namanya pemimpin itu berlawanan tapi berpelukan," kata JK di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/8).
Saat ditanya apakah momen tersebut merupakan pencitraan atau tidak, JK menyebut peristiwa itu terjadi secara spontan. Saat itu Hanifan terlihat langsung berlari ke kursi VIP, tempat Jokowi dan Prabowo, ia datang untuk bersalaman dan akhirnya berpelukan bersama.
"Itu spontan. Kalau citra, dua dua juga dapat citra kan. Asian Games-nya berhasil, silatnya berhasil. Ya dua-duanya dapat," kata JK.
ADVERTISEMENT
"Itu suatu momen, memang olahraga ini, Asian Games ini, kita bersyukur mempersatukan bangsa," jelas JK.
JK pun meminta masyarakat mencontoh perilaku Jokowi dan Prabowo tersebut. Ia berharap seluruh pendukung keduanya bersaing secara sehat.
"Ya tentu nanti bersaing dengan fair. Tidak pakai maki-maki," ujar JK.
Sebelumnya, momen Jokowi dan Prabowo berpelukan itu terjadi, saat Hanifan berlari ke kursi VIP tempat para tokoh menyaksikan pertandingannya. Tampak Presiden Jokowi, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Prabowo Subianto, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menko PMK Puan Maharani, hingga MenPANRB Syafruddin yang merupakan CdM Kontingen Indonesia Asian Games 2018.
Karena euforia atas kemenangan, Hanifan spontan merangkul Jokowi dan Prabowo secara bersamaan sehingga ketiganya pun berpelukan dengan balutan bendera merah putih yang dibawa Hanifan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white