kumparan
14 Jan 2019 19:02 WIB

JK Kunker ke Kamboja, Hadiri Asian Cultural Council (ACC) Summit

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak melakukan kunjungan kerja ke Kamboja menghadiri Konferensi Dewan Kebudayaan Asia (Asian Cultural Council Summit). JK berangkat ditemani sang istri, Mufidah Jusuf Kalla.
ADVERTISEMENT
Ia berangkat menggunakan pesawat BAE RJ-85, Wapres beserta istri terbang menuju Bandar Udara Internasional Siem Reap, Kamboja dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 18.00 WIB. Ia diperkirakan tiba pukul 21.05 waktu setempat setelah menempuh penerbangan kurang lebih 3 jam 5 menit.
Berdasarkan keterangan dari Setwapres, JK akan berada di Kamboja hingga tanggal 16 Januari. Kehadiran JK pada ACC Summit ini atas undangan resmi dari PM Kamboja, selaku Honorary Founding Chairman ACC.
Di Kamboja, JK akan dinobatkan sebagai Asian Cultural Wiseman. Penobatan itu diberikan dengan mempertimbangkan pengetahuan, reputasi, serta kiprahnya dalam dunia internasional.
Selain itu, JK juga akan mengikuti gala dinner ACC di Elephant Terrace, Angkor Park. Tari Peulia Jamee dan Ratoeh Jaroe (Saman) dari Aceh akan menyemarakkan gala dinner tersebut. JK dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kamboja Hun Sen di Ruang Yihub, Sokha Siem Reap Convention Center.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui, Dewan Kebudayaan Asia dibentuk untuk mewadahi kerja sama kebudayaan antara negara-negara di Asia.
Selain Mufidah, turut mendampingi JK dalam rombongan yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Kepala Setwapres M. Oemar, Stafsus Wapres Bidang Umum Alwi Hamu. Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir juga hadir mendampingi JK di Kamboja, namun sudah lebih dulu berada di Kamboja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan