Politik
·
11 Desember 2017 13:01

JK Sindir Wali Kota yang Jadikan Penghargaan Amunisi Kampanye Pilkada

Konten ini diproduksi oleh kumparan
JK Sindir Wali Kota yang Jadikan Penghargaan Amunisi Kampanye Pilkada (312444)
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Wakil Presiden Jusuf Kalla berkelakar soal kota-kota yang sering mendapatkan piala ataupun penghargaan atas keberhasilan dalam pembangunan. Hal tersebut dikatakannya usai memberikan penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 kepada 15 kota di Indonesia.
ADVERTISEMENT
JK berkelakar bahwa hasil penghargaan ini justru bisa menjadi amunisi beberapa wali kota yang hendak bertarung dalam pilkada serentak tahun depan.
"Jadi piala ini suatu bentuk penghargaan apa yang dilaksanakan bersama-sama. Apalagi piala ini penting untuk para wali kota yang yang jelang pilkada kedua kan contohnya," kelakar JK sambil terkekeh, di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (11/12).
Kata-kata dalam sambutannya itu sontak membuat para hadirin yang didominasi para wali kota di berbagai daerah seluruh Indonesia tertawa.
Meski tak merujuk secara spesifik kepada siapa, namun JK mengatakan bahwa hal tersebut sebenarnya lumrah dan merupakan salah satu bentuk keberhasilan yang patut diapresiasi kepala daerah bersama rakyatnya.
"Kalau yang sudah kedua (kalinya) kadang-kadang tak terlalu penting lagi. Tapi yang mau kedua, jelang nanti Juni tentu pulang ke daerah, diaturlah (raihan penghargaan itu) dengan konvoi mobil mengayunkan piala ini, tentu itu penting ya," canda JK lagi.
ADVERTISEMENT
"Tidak apa-apa ini bentuk keberhasilan. Semua orang butuh success story, itulah yang dijual. Tapi jangan pialanya yang dijual tapi apa yg dilaksanakan yang dijual," pungkasnya.