kumparan
17 Maret 2019 14:00

JK soal Debat Cawapres: Dua-duanya Siap, Mudah-mudahan Menarik

Wapres Jusuf Kalla
JK di acara pelepasan peserta Mudik Bersama DMI. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Debat antar-calon wakil presiden sudah di depan mata. Wapres Jusuf Kalla menilai, kedua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, sudah sangat siap untuk memberIkan penampilan menarik bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Saya kira dua-duanya (Ma'ruf dan Sandi) sudah siap. Tapi kita tunggu saja, mudah-mudahan menarik," kata JK usai menghadiri Silaturahmi Kebangsaan di Hotel Horison, Bandung, Minggu (17/3).
Meski memiliki pengalaman soal debat cawapres, namun JK tidak memberikan saran khusus kepada jagoannya, Ma'ruf Amin. Sebab, menurut JK, Ma'ruf sudah memiliki tim khusus yang menangani masalah debat.
“Enggak ada, itu ada tim khususnya sendiri,” katanya.
Saat ditanya, apakah Ma’ruf akan unggul atas sang lawan, JK enggan memberikan tanggapan. Ia meminta masyarakat melihat dan memberikan penilaian langsung terkait penampilan kedua cawapres.
“Kita lihat saja nanti. Sabar-sabarlah tunggu berapa jam lagi,” katanya.
Ma'ruf Amin dan Sandi di KPU
Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden pemilihan umum tahun 2019 di KPU. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Sebelumnya, baik Ma’ruf dan Sandiaga sudah menyatakan kesiapannya. Sandiaga, saat bersafari politik di Bandung, menyatakan bahwa ia akan tampil apa adanya dengan mengantungi materi yang komplit.
ADVERTISEMENT
Menurut eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, yang terpenting dalam debat nanti adalah masyarakat dapat memahami semua program yang telah dirancang kubunya.
“Kita ingin memberikan solusi bagi masyarakat. Kita ingin lapangan kerja terbuka, ekonomi kita meningkat, kesejahteraan kita terutama dari masyarakat kelas menengah ke bawah lebih diperbaiki ke depan,” kata Sandi, Minggu (10/3/2019).
Debat tersebut akan digelar di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (17/3) malam. Ada beberapa tema yang diangkat, termasuk soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.