kumparan
24 Juli 2018 16:38

JK soal Gugatan ke MK: Ini Beban, Bukan karena Ingin Menjabat

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla (Foto: Prima Gerhard S/kumparan)
Wapres Jusuf Kalla menegaskan tak punya ambisi politik untuk kembali maju sebagai cawapres di 2019. Menurut dia, langkahnya untuk menjadi pihak terkait di gugatan uji materi di Mahkamah Konstitusi sudah dibahas dengan Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
Namun, setelah ada pembicaraan awal soal kelanjutan program Jokowi-JK di 2019, maka JK memutuskan terlibat dalam gugatan uji materi ini. Langkah ini, lanjut dia, bukanlah keputusan mudah.
"Otomatis karena sudah ada pembicaraan awal di situ, saya sendiri mengorbankan seperti niat saya untuk istirahat, untuk pensiun. Bagi saya ini beban, bukan saya sendiri ingin menjabat," ujar JK di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).
JK menekankan 20 tahun berada di pemerintahan baginya sudah cukup. Namun, ada yang lebih besar dari sekadar ambisi pribadinya.
"Otomatis saya berpikir lebih jauh untuk kepentingan keseluruhan ke depan," tuturnya.
Tak hanya Jokowi, JK menjelaskan ada pihak-pihak lain yang mendorongnya untuk kembali maju sebagai cawapres di 2019. Karena banyak yang meminta, lanjut dia, JK mengaku mempertimbangkan usulan kembali maju di pilpres.
ADVERTISEMENT
"Tentu banyak pembicaraan awal, banyak pihak. Jadi enggak serta merta, tiba-tiba saya minta. Tidak. Bukan untuk saya," jelasnya.
"Bukan karena ambisi. Kalau ambisi, saya sih ingin istirahat. Tapi semua orang punya ambisi yang lebih baik lagi demi bangsa dan negara," lanjut mantan Ketum Golkar ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan