kumparan
17 Maret 2019 13:01

JK Tanggapi Romy Jadi Tersangka: Masalah Negatif Tentu Ada Pengaruhnya

Wapres Jusuf Kalla
JK di acara pelepasan peserta Mudik Bersama DMI. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan M. Romahurmuziy sebagai tersangka kasus suap jabatan di Kementerian Agama. Pria yang akrab disapa Romy ini merupakan Ketum PPP yang kini sudah diberhentikan pasca kasus tersebut.
ADVERTISEMENT
Romy juga menjabat sebagai anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin. Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, menjelaskan dampak kasus hukum Romy tersebut terhadap kinerja pemenangan paslon n0mor urut 01 itu.
"Setiap masalah yang negatif tentu ada pengaruhnya. Seberapa besar, pasti ada pengaruhnya, kita tidak tahu," ujar JK usai menghadiri silaturahmi kebangsaan Jenggala Center di Bandung, Jawa Barat, Minggu (17/3).
Menurut dia, dampak tak hanya dirasakan ke TKN tapi juga PPP sebagai partai Romy. Namun, ia menjelaskan partai apa pun pasti akan menerima dampak serupa jika pucuk pimpinannya terjerat dalam kasus hukum.
"Kira-kiranya ada yang kena begitu, sama dengan beberapa partai. Dulu Golkar, Demokrat, PKS, itu terjadi, ada efek," katanya.
ADVERTISEMENT
Romahurmuziy ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI. Ia diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta dari dua orang penyuapnya, yaitu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanudin dan Kepala Kantor Kemenag Gresik Muh Muafaq Wirahadi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan