PTR- Calon Menlu AS Anthony Blinken
23 November 2020 9:38

Joe Biden Akan Tunjuk Diplomat Senior Antony Blinken Jadi Menlu AS

Joe Biden Akan Tunjuk Diplomat Senior Antony Blinken Jadi Menlu AS (80151)
Calon Menlu AS Anthony Blinken. Foto: Brendan Smialowski / AFP
Diplomat senior Antony Blinken akan ditunjuk Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden menjadi Menlu. Keterangan itu disampaikan orang dekat Biden.
ADVERTISEMENT
Blinken merupakan diplomat karier Kemlu AS. Semasa pemerintahan Barack Obama, Blinken sempat menjabat Wamenlu.

Informasi tersebut didapat media Bloomberg dari orang dekat Biden yang tidak mau diungkap identitasnya. Pengumuman penunjukan Blinken kemungkinan besar disampaikan pada Selasa (24/11) besok.
Kantor berita Reuters telah menghubungi tim transisi Biden serta Anthony Blinken untuk mengkonfirmasi kabar tersebut, namun mereka menolak berkomentar.
Selain diplomat veteran, Blinken dikenal dekat dengan Biden, demikian dikutip dari Reuters.
Joe Biden Akan Tunjuk Diplomat Senior Antony Blinken Jadi Menlu AS (80152)
Calon Menlu AS Anthony Blinken. Foto: Brendan Smialowski / AFP
Blinken (58) adalah seorang sebagai diplomat tulen. Dia lebih mengutamakan musyawarah dalam diplomasi.
Selama berkarier di dunia diplomasi, kepemimpinan Blinken dinilai lebih relatif lebih lembut, namun detail dalam menganalisis dan menentukan kebijakan politik luar negeri.
Karier diplomatik Blinken di Kemlu AS sempat diakhiri pada 2016 saat Capres Demokrat Hillary Clinton kalah dari Donald Trump. Setelah itu, Bliken mendirikan lembaga konsultan WestExec Advisors yang memberikan saran terhadap perusahaan-perusahaan untuk berhadapan dengan risiko geopolitik global.
ADVERTISEMENT
Pada 2019, Blinken kembali menjadi sorotan saat mengkritik Trump. Dia mengatakan, keputusan Trump menarik pasukan dari Suriah menghancurkan kredibilitas AS di mata dunia.
Sementara pada 2020, Blinken masuk tim kampanye Biden. Tugasnya tidak cuma mengurusi isu luar negeri, namun meluas pada isu-isu penting lainnya.