News
·
22 November 2020 23:14

Jokowi Angkat Isu Ekonomi Kreatif hingga Pengentasan Kemiskinan di KTT G20

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi Angkat Isu Ekonomi Kreatif hingga Pengentasan Kemiskinan di KTT G20 (122862)
Presiden Jokowi hadiri KTT G20 Tahun 2020 secara virtual. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi kembali menghadiri rangkaian KTT G20 tahun 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/11).
ADVERTISEMENT
Dalam sesi kedua ini, para pemimpin KTT G20 membahas tema yakni "Membangun Masa Depan yang Inklusif, Berkelanjutan dan Tangguh".
Menlu Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi membawa sejumlah isu dalam pertemuan tersebut mulai dari ekonomi kreatif hingga pengentasan kemiskinan yang sudah diakomodir oleh anggota KTT G20.
"Beberapa catatan isu penting ini saran Indonesia yang sudah diakomodir antara lain, referensi ekonomi kreatif dalam paragraf pariwisata dan ekonomi digital sebagai katalis untuk pertumbuhan inklusif tingkatkan produktivitas inovasi dan pembangunan kelanjutan," kata Retno dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (22/11).
Retno menambahkan, Presiden menyampaikan soal pentingnya mendorong bantuan kepada negara miskin tunda utang dorong investasi dagang infra untuk pemulihan.
"Menciptakan lapangan kerja layak bagi perempuan dan pemuda serta dukungan bagi negara berkembang yang membutuhkan restrukturisasi utang," lanjut Retno.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan sesi pertama yang berlangsung Sabtu (21/11) Presiden mendorong negara-negara G20 untuk memberikan perhatian bagi akses terhadap vaksin COVID-19 yang harus dibuka kepada semua negara.
Menurut Jokowi pemulihan ekonomi dunia tidak akan dapat dilakukan apabila pemulihan kesehatan dunia tidak tercapai, yang salah satunya diupayakan melalui vaksinasi COVID-19.