kumparan
12 September 2019 14:38

Jokowi Antar Kepergian Habibie: Selamat Jalan, Mr. Crack

BJ Habibie Meninggal, Pemakaman BJ Habibie
Presiden Joko Widodo (kanan) meletakkan karangan bunga di makam almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dalam pidatonya, Jokowi mengucapkan selamat jalan kepada Habibie dan mengutip beberapa pesannya.
ADVERTISEMENT
"Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan Sang Pionir. Kami akan selalu ingat pesanmu:jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan diri ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan berjaya di Asia dan dunia'," tutur Jokowi di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).
Di dunia aeronautika, Habibie juga dikenal dengan nama Mr Crack. Nama tersebut diambil dari teori 'Crack Progression' yang ditemukan oleh Habibie.
Dalam teori ini, Habibie menunjukkan cara untuk memprediksi titik awal retakan pada sayap pesawat terbang secara detail dan presisi hingga tahapan atom. Teori ini menjadi salah satu teori penting di dunia penerbangan.
"Beliau adalah seorang negarawan sejati, seorang inspirator, seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Ilmu pengetahuan, iman, dan takwa harus bersatu," kata Jokowi.
ADVERTISEMENT
Jokowi juga mengenang pembuatan pesawat N-250 Gatotkaca yang menjadi pesawat pertama Indonesia. Pesawat buatan Habibie itu menjadi pesawat tercanggih di dunia pada masanya yang mengudara di HUT ke-50 RI.
"Sebuah sejarah yang tertanam di benak masyarakat Indonesia, menginspirasi anak-anak muda untuk bangkit dan belajar. Sehingga Indonesia bisa berdiri sejajar dengan negara-negara besar di dunia," ucap Jokowi.
BJ Habibie meninggal di usia 83 tahun, Rabu (11/9). Ia meninggal setelah sempat dirawat selama sepekan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan