kumparan
14 Juni 2019 14:24

Jokowi Bicara Sidang Sengketa Pilpres di MK: Proses Hukum, Kita Hargai

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Bali dengan meninjau Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menggelar sidang sengketa Pilpres yang dimohonkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Jumat (14/6).
ADVERTISEMENT
Dalam sidang tersebut, pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi tak menghadiri persidangan. Capres 01 yang juga presiden petahana, Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali.
Jokowi tak banyak mengomentari tentang proses sidang di MK. Jokowi menyerahkan proses persidangan tersebut ke MK. Bagaimana pun hasilnya, kata Jokowi, harus dihormati.
"Iya, itu proses hukum harus kita hargai, harus kita hormati," ujarnya saat mengunjungi Pasar Seni Sukawati, di Kabupaten Gianyar, Bali.
MK memulai sidang perdana sengketa Pilpres pada pukul 09.00 dan dipimpin langsung oleh Ketua MK Anwar Usman.
Anwar menjelaskan, sidang perkara ini bersifat speedy trial karena akan diproses hanya 14 hari. Maka dari itu, MK meminta KPU dan Bawaslu untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
ADVERTISEMENT