kumparan
search-gray
News30 Mei 2018 13:30

Jokowi dan PM India, Sepakati Kerja Sama Pembangunan Sabang-Andaman

Konten Redaksi kumparan
Jokowi dan PM India, Sepakati Kerja Sama Pembangunan Sabang-Andaman (28016)
PM India Narendra Modi dan Presiden Jokowi (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi menyepakati kerja sama pembangunan serta peningkatan konektivitas. Kedua pemimpin tersebut bertemu di Istana Merdeka.
ADVERTISEMENT
"Kita sepakat memajukan kerja sama infrastruktur dan konektivitas termasuk pembangunan di pulau Sabang dan pulau Andaman," sebut Jokowi Rabu (30/5).
Andaman merupakan salah satu pulau India yang terletak di sebelah utara Provinsi Aceh.
Di samping pembangunan Andaman dan Aceh, Jokowi mengatakan, pertemuannya dengan Modi juga menyepakati perluasan kerja sama di bidang ekonomi. India merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.
"Kami sepakat menjadikan ekonomi kedua negara terbuka dan dalam kaitan ini saya mengharapkan kiranya negosiasi regional comprehensive economic partnership dapat diselesaikan pada 2018," ujar dia.
Kepada Modi, Jokowi meminta agar pengusaha India tidak ragu untuk menanamkan investasinya ke Indonesia. Sebab, masih banyak sektor yang dapat diinvestasikan oleh pebisnis India di tanah air.
Jokowi dan PM India, Sepakati Kerja Sama Pembangunan Sabang-Andaman (28017)
Jokowi Terima Kedatangan PM Modi dari India (Foto: Yudhistira Amsal/kumparan)
"Saya mengundang investasi India di bidang infrastruktur, seperti pelabuhan, bandara, industri farmasi, khususnya obat yang belum dapat diproduksi di Indonesia," paparnya.
ADVERTISEMENT
Tak cuma mengundang investasi, Jokowi juga mengapresiasi dibukanya penerbangan langsung kedua negara. Dia meyakini, dengan adanya penerbangan India dan Indonesia akan semakin terkoneksi.
"Saya menyambut baik penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Bali ke Mumbai yang dimulai pada April 2018," kata Jokowi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white