kumparan
News23 Mei 2020 20:51

Jokowi: Hari Raya di Tengah Pandemi Mendorong Muslim Perbanyak Zakat dan Sedekah

Konten Redaksi kumparan
(NOT COVER) Jokowi, Ulama, Pimpinan, Pondok Pesantren, Istana Negara
Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat menerima Ulama dan Pimpinan Pondok Pesantren Jawa Barat Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr
Presiden Jokowi meminta perayaan Hari Raya Idul Fitri tetap dimaknai dengan suasana gembira meski tengah terjadi pandemi virus corona.
ADVERTISEMENT
Menurut Jokowi, adanya pandemi ini mendorong setiap muslim untuk memperbanyak ibadah lainnya, seperti membayar zakat fitrah dan sedekah.
“Hari raya di tengah pandemi ini menambah peluang mendorong setiap muslim melaksanakan ibadah lainnya (dalam) menyambut Idul Fitri (membayar) zakat fitrah dan perbanyak sedekah," ungkap Jokowi saat mengisi sambutan dalam takbiran nasional Masjid Istiqlal secara virtual, Sabtu (23/5).
Jokowi di acara KTT Ulama Dunia di Istana Bogor.
Jokowi di acara KTT Ulama Dunia di Istana Bogor. Foto: Dok. Biro Pers Setpres
Jokowi menegaskan apabila manusia bisa menerima dengan ikhlas segala ujian dari Allah SWT, termasuk pandemi virus corona, maka akan diganjar berkah hingga hikmah yang berlimpah.
“Keadaan senang atau sedih, berlimpah atau kekurangan, sulit atau mudah, rumit atau sederhana jika Allah benar-benar menghendakinya dan kita bisa terima dengan ikhlas dan tawakal sesungguhnya hal tersebut akan buat berkah, hikmah, rezeki, dan hidayat," terangnya.
ADVERTISEMENT
Jokowi pun berharap Allah SWT senantiasa memberi kekuatan kepada umatnya dalam melawan virus corona. Sehingga pandemi ini bisa segera selesai.
“Semoga Allah senantiasa ridhoi ikhtiar kita untuk mencegah wabah virus corona dan memberi kekuatan kita untuk jadi pemenangnya," pungkasnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
————-----------------------
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.