kumparan
search-gray
News29 Januari 2020 15:11

Jokowi: Ingat, Penyakit TBC Bisa Disembuhkan

Konten Redaksi kumparan
PTR, Jokowi, Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2020
Presiden Jokowi resmikan 'Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2020' di Technopark Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1). Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Presiden Jokowi mengingatkan penderita tuberkulosis (TBC) untuk berobat hingga sembuh. Imbauan itu disampaikan Jokowi saat meresmikan 'Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030' di Technopark Cimahi, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
"Ini yang pertama kan urusan TBC, penting sekali gerakan pengurangan atau eliminasi TBC 2030. Gerakan ini harus konsisten dan masif sehingga pengurangan kesehatan itu, apa pun negara kita masih banyak yang TBC," kata Jokowi, Rabu (29/1).
Acara ini dihadiri oleh para gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia, dan sejumlah menteri.
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2019, Indonesia berada di posisi lima besar penderita TBC tertinggi di dunia. Jumlah masyarakat yang menderita TBC mencapai 850.000 orang dengan perkiraan 13 orang meninggal setiap jamnya.
Peresmian terowongan Nanjung, Jokowi
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat akan meresmikan terowongan Nanjung yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Rabu (29/1). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev
"Yang sudah terkena harus segera TOSS (Temukan, Obati, Sampai Sembuh). Ini nanti sampai sembuh. Karena memang harus berobat terus hingga jangka enam bulan," ucap Jokowi.
"Penting untuk diketahui masyarakat agar yang menderita TBC itu bisa disembuhkan, semuanya, ingat," tegas Jokowi.
ADVERTISEMENT
Jokowi menambahkan pemerintah sudah melakukan tindakan konkret untuk mengurangi penyakit TBC. Salah satunya memberikan pelayanan kesehatan gratis di puskesmas dan rumah sakit.
"Ya pengobatan yang gratis (untuk penderita) oleh pemerintah di semua puskesmas maupun rumah sakit," ujar Jokowi.
Selain itu, Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur yang mendukung masyarakat untuk hidup sehat juga sangat penting untuk mencegah TBC.
"Urusan drainase yang bersih, sampah ditampung yang harus bisa diselesaikan sehingga sebuah kampung bersih. Terus rumah-rumah yang memiliki pencahayaan, miliki perputaran udara yang baik itu juga penting dalam rangka pencegahan," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white