kumparan
search-gray
Politik24 Mei 2019 17:27

Jokowi Ingin Bertemu Prabowo: Mendinginkan Suasana

Konten Redaksi kumparan
Presiden Jokowi Gelar Konferensi Pers Terkait Kericuhan
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait kerusuhan pascapengumunan hasil pemilu 2019 di Istana Merdeka, Rabu (22/5). Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Calon presiden petahana Joko Widodo berinisiatif bertemu dengan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Jokowi mengatakan pertemuan antara elite politik penting untuk mendinginkan suasana.
ADVERTISEMENT
Dengan bertemunya para elite politik tersebut, kata Jokowi akan menjadi kabar yang baik untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa suasana dua kubu baik baik saja dan tidak ada masalah.
"Akan dilihat baik oleh masyarakat. Akan dilihat baik oleh rakyat, mendinginkan suasana bahwa di elite politik rukun-rukun saja enggak ada masalah, saya kira yang paling penting itu," kata Jokowi di Istana Merdeka Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat, (24/5).
"Kalau elitenya rukun baik baik saja, di bawah juga kan dingin akan sejuk," timpal Jokowi.
LIPSUS, Luhut Pandjaitan Jembatan Lima Tahunan, Jokowi, Prabowo
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) di Hambalang. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Setelah pemilihan berlangsung, Jokowi beberapa kali menggelar dan menghadiri pertemuan antara sejumlah tokoh parpol. Semisal pertemuan dengan Ketum PAN zulkifli Hasan dan Agus Harimurti Yudhoyono.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dilakukannya untuk meredam tensi politik pascapemilu yang saat ini meningkat.
"Ini kan proses-proses politik terus kita lakukan bertemu misal dengan Pak Zulkifli, ini proses politik yang kita lakukan agar suasana menjadi dingin semuanya setelah 8 bulan kita 7-8 bulan kampanye kita panas-panas kemudian coblosan, ini proses pendinginan," kata Jokowi.
"Sehingga saya bertemu Pak Zulkifli dari PAN, bertemu mas AHY dari Demokrat kan proses proses seperti itu yang ingin kita lakukan," jelasnya.
Kaleidoskop 2018
Prabowo dan Presiden Jokowi berpelukan bersama dengan peraih emas final pencak silat Asian Games 2018, Rabu (29/8/18). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sebelumnya, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Rabu (22/5). Stabilitas politik dan keamanan pasca pemilu juga menjadi salah satu topik bahasan dengan Jokowi.
AHY menyampaikan pesan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang bersedia membantu mengatasi situasi.
ADVERTISEMENT
Setelah AHY, Jokowi selanjutnya menggelar pertemuan dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Pertemuannya dengan Zulkifli yang juga Ketum PAN itu salah satunya, membahas peran penting Ketua MPR untuk mempersatukan bangsa saat terjadi berbagai aksi pascapemilu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white