kumparan
22 November 2018 10:55

Jokowi Jelaskan Alasan Pilih Andika Perkasa meski Lompat 3 Angkatan

Jenderal TNI Andika Perkasa Resmi Menjabat Sebagai KSAD.
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjadi pemimpin baru TNI AD. Setelah resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika memimpin para senior dari 3 angkatan di atasnya.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa jenderal senior yang dilompati Andika, misalnya saja Letjen TNI Agus Surya Bakti, Letjen TNI Doni Monardo dan Letjen TNI Tatang Sulaiman. Menurut Jokowi, terpilihnya Andika karena perjalanan kariernya sudah memenuhi syarat.
Tak hanya itu, rekan satu angkatannya yakni Letjen M Herindra juga tak terpilih. Herindra yang merupakan lulusan terbaik atau Adhi Makayasa itu kini menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI.
"Coba dilihat sajalah apa perjalanan karier dari Pak Andika. Saya kira cukuplah, sudah memenuhi semuanya," kata Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/11).
"Ini kan kita melihat rekam jejak. Saya kira Pak Andika ini pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, sebelumnya juga pernah di Penerangan," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Jokowi mengungkapkan ada 4 kandidat KSAD yang diajukan kepadanya. Namun, akhirnya Jokowi memilih Andika.
Jenderal TNI Andika Perkasa Resmi Menjabat Sebagai KSAD.
Suasana pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai KSAD. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
"Saya kira tour of duty-nya komplet dan pernah di Komandan Paspampres, komplet semua," ucap Jokowi.
Jokowi juga menepis tudingan bahwa keputusannya memilih Andika adalah politis. "Itu (alasan) yang barusan saya sampaikan," bebernya.
Menurut catatan kumparan, saat ini beberapa jenderal senior Andika menempati beberapa posisi di pemerintahan. Misalnya Letjen TNI Agus Surya Bakti yang merupakan lulusan Akmil angkatan 1984 menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.
Selanjutnya Letjen TNI Doni Monardo yang merupakan lulusan Akmil angkatan 1985 kini menjabat sebagai Sekjen Dewan Ketahanan Nasional. Selain itu, ada pula Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman yang lulusan Akmil angkatan 1986.
ADVERTISEMENT
Lulusan Akmil 1986 lainnya antara lain Mayjen TNI Joni Supriyanto (Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta), Mayjen TNI Besar Harto Karyawan (Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi), dan Mayjen TNI Wuryanto (Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan