kumparan
6 Maret 2019 16:21

Jokowi ke Pelajar SD hingga SMA di Jaksel: Nanti Akan Ada KIP Kuliah

Jokowi Bagikan KIP ke Pelajar. Foto: Biro Pers Setpres/Muchlis Jr
Presiden Jokowi membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan SMK di Jakarta Selatan, Rabu (6/3) sore. Saat pembagian 3.300 KIP di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Jokowi sempat menyinggung soal KIP Kuliah.
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya, di depan penerima bantuan, Jokowi menjelaskan KIP nantinya tak hanya diterima oleh pelajar di bangku sekolah tapi juga mereka yang akan meneruskan kuliah.
"Anak-anakku saya beritahu ya, nanti ini kan Kartu Indonesia Pintar hanya untuk SD, SMP, SMA, SMK. Nanti ke depan kita akan ada lagi KIP untuk kuliah. Kemudian Anak-anak yang ingin kuliah pakai KIP Kuliah," kata Jokowi di lokasi.
"Anak-anak nanti bisa memiliki semangat baik untuk sekolah," lanjut dia.
Jokowi mengatakan, pemberian bantuan ini akan mengurangi beban para pelajar yang ingin meneruskan kuliah. Sebab, fasilitas pendidikan kini dibiayai oleh pemerintah.
"Anak-anak sekali lagi tugas semuanya belajar yang rajin karena di Jakarta sudah ada KJP kemudian ada KIP. Artinya anak-anak tugasnya hanya belajar yang rajin biar prestasi baik. Nanti kalau mau kuliah nanti bisa memakai ini," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Diketahui, Jokowi pertama kali kali mengenalkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah dalam pidatonya sebagai capres di Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu.
Selain KIP Kuliah, Jokowi juga mengenalkan kartu sakti lainnya yaitu Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan