kumparan
17 Apr 2019 21:05 WIB

Jokowi Menang Telak di Belgia dan Luksemburg: 807 Vs 175

Suasana penghitungan surat suara Pilpres 2019 di Brussel. Foto: Dok. KBRI Belgia
Panitia Pemilu Luar Negeri Belgia telah menyelesaikan proses penghitungan suara WNI di negara Belgia dan Luksemburg. Penghitungan di negara Eropa Barat itu selesai pada Rabu (17/4) sekitar 09.00 waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belgia, hasil penghitungan menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf menang mutlak dari pasangan Prabowo-Sandi. Jokowi meraih 807 suara, sedangkan Prabowo meraih 175 suara.
Proses penghitungan disaksikan sejumlah saksi dari perwakilan partai politik, masyarakat Indonesia di Belgia, Duta Besar Indonesia untuk Belgia Yuri Thamrin, dan Pegawai KBRI di Brussel, Belgia. Penghitungan juga disiarkan lewat siaran langsung media sosial.
Suara yang dihitung bukan hanya dari WNI yang berada di Belgia. PPLN Belgia juga menerima suara dari WNI di Luksemburg.
Suasana penghitungan surat suara Pilpres 2019 di Brussel. Foto: Dok. KBRI Belgia
Pemilu di Belgia berlangsung pada 13 April 2019. Sedangkan pemilu di Luksemburg berlangsung pada 14 April 2019.
Di dua negara itu, ada 1.755 WNI terdaftar punya hak suara, tapi hanya 1.025 orang atau 60 persen yang menggunakannya. 603 orang datang ke TPS di Belgia dan kotak suara keliling di Luksemburg. Sisanya atau 480 orang mengirimkan suaranya lewat pos.
ADVERTISEMENT
Setelah merampungkan penghitungan hasil Pilpres, PPLN Belgia masih menghitung suara untuk Pileg. Sebagai informasi, pemilih di luar negeri ikut memilih anggota DPR di daerah pemilihan Jakarta 2.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan