kumparan
16 September 2019 20:40

Jokowi: Perusahaan dan Individu Penyebab Karhutla Harus Ditindak Tegas

Jokowi meninjau kebakaran hutan
Jokowi meninjau kebakaran hutan. Foto: Dok. Istimewa
Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Riau untuk meninjau penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Jokowi juga menggelar ratas, Senin (16/9) malam bersama menteri dan kepala badan terkait.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Biro Pers dan Media Istana, rombongan Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada pukul 18.28 WIB.
Setelah itu, mereka langsung menggelar rapat terbatas. Jokowi meminta aparat penegak hukum menindak tegas pihak-pihak yang terlibat dalam karhutla.
"Saya minta juga aparat hukum bertindak tegas, baik kepada perusahaan maupun perorangan," kata Jokowi seperti dikutip dalam siaran langsung ratas dari akun Sekretariat Kabinet, Senin (16/9).
Apalagi, masalah karhutla ini sudah membuat mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah tersebut. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta agar langkah pencegahan dilakukan sehingga kejadian serupa tak terulang.
"Lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi-lokasi lain. Baik di gambut maupun di hutan, apalagi sudah masuk ke wilayah pemukiman, " jelas Jokowi.
ADVERTISEMENT
Diketahui, ratas diikuti Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan