News
·
22 September 2020 11:58

Jokowi Pidato di Sidang Umum PBB Besok Pagi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi Pidato di Sidang Umum PBB Besok Pagi (33712)
Presiden Joko Widodo pada Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, di Istana Negara, Kamis (13/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi akan memberikan pidato dalam Sidang Umum PBB yang digelar secara virtual pada Rabu, 23 September 2020. Selama menjadi presiden, inilah kali pertama Jokowi bakal memberikan pidato di Sidang Umum PBB.
ADVERTISEMENT
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono merinci bahwa Jokowi akan memberikan pidato melalui rekaman video dan disiarkan saat sidang berlangsung. Hal ini dilakukan karena sidang umum PBB kali ini digelar di tengah pandemi corona.
"Memberikan pidato dari tapping. Kan sekarang kondisi COVID," kata Heru kepada kumparan, Selasa (22/9).
Heru kemudian menjelaskan, pidato akan disiarkan besok sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Jokowi berpidato di hari pertama sidang umum PBB.
"Presiden RI mendapat urutan hari pertama, sesi sore waktu New York (urutan ke-19), diperkirakan sekitar jam 20:30 malam waktu New York atau 07.30 WIB tanggal 23 September 2020," lanjutnya.
Jokowi Pidato di Sidang Umum PBB Besok Pagi (33713)
Suasana saat Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat. Foto: Ananda Teresia/kumparan
Sebelumnya, akhir Agustus lalu Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kemlu RI, Grata Indah Werdaningtyas mengatakan saat pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi akan mengangkat isu pentingnya peranan PBB dalam merespons tantangan global.
ADVERTISEMENT
Dalam Sidang Umum PBB ke-75 ini, selain general debate, delegasi Indonesia juga akan berpartisipasi dalam empat sesi lainnya. Empat sesi tersebut akan dipimpin sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju.