kumparan
15 Mei 2019 19:45

Jokowi Respons Prabowo soal Tolak Akui Hasil Pilpres: Serahkan ke KPU

Presiden Jokowi, di Kabupaten Gunung Mas
Presiden Jokowi saat meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas. Foto: Dok. Biro Sekretariat Pers Presiden
Presiden Jokowi buka suara terkait sikap kompetitornya Prabowo Subianto dan tim kampanyenya yang menyatakan tak menerima hasil penghitungan suara oleh KPU. Jokowi menanggapi santai pernyataan kubu 02 itu.
ADVERTISEMENT
"Ya itu kita serahkan semuanya ke KPU kepada penyelenggara yang punya kewenangan adalah KPU. Serahkan ke KPU," kata Jokowi seusai buka puasa bersama di rumah Oesman Sapta Odang di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).
Jokowi menyayangkan sikap Prabowo-Sandi dan BPN itu. Sebab seluruh mekanisme pemilu telah diatur dalam konstitusi serta aturan turunannya yakni UU dan PKPU. Termasuk, jika tak sepakat dengan hasil pemilu.
"Semua mekanismenya ada. Jadi mestinya semuanya melalui mekanisme yang sudah diatur oleh konstitusi," katanya.
Selain tak mengakui situng KPU, kubu Prabowo-Sandi juga mengaku tak akan membawa temuan kecurangan versi BPN ke mahkamah konstitusi. Jokowi mengingatkan negara memiliki aturan mainnya sendiri.
"Kalau sengketa yang lebih besar ke MK. Mekanisme itu sudah diatur. Konstitusinya jelas, UUnya jelas, aturan hukumnya jelas, ya ikuti," tandasnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menolak situng KPU, kubu 02 juga menyatakan menarik semua saksinya di daerah maupun di KPU pusat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan