kumparan
18 April 2019 17:20

Jokowi Sebut Unggul Versi Quick Count: Akurasi 99% dengan Real Count

Paslon nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin, keterangan pers terkait perolehan sementara quick count Pemilu 2019
Paslon nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin saat memberikan keterangan pers terkait perolehan sementara quick count Pemilu 2019 di Jakarta, Kamis (18/4). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin akhirnya menyatakan kemenangannya berdasarkan hasil quick count 12 lembaga survei. Jokowi menyebut mendapatkan 54,5 persen, sedangkan rivalnya, paslon 02 Prabowo-Sandi mendapatkan 45,5 persen.
ADVERTISEMENT
"Karena sudah hampir mancapai 100 persen, kami menyampaikan bahwa hasil quick count 12 lembaga survei, Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan persentase 54,5 persen dan Prabowo-Sandi mendapatkan 45,5 persen," kata Jokowi di Plataran Menteng, Jakarta, Kamis (18/4).
Ia menilai hasil quick count tak akan berbeda jauh dengan hasil penghitungan suara KPU. Hal tersebut menengok pada pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya.
"Dari pengalaman-pengalaman pemilu yang lalu akurasinya 99 persen hampir sama dengan real count," ujarnya.
Meski begitu, ia meminta semua pendukungnya untuk bersabar menunggu hasil penghitungan dari KPU.
"Kita juga terus akan menunggu menanti penghitungan suara oleh KPU, penghitungan resmi dari KPU yang kita harapkaan secepatnya bisa diselesaikan," ucap Jokowi.
Paslon nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin, keterangan pers terkait perolehan sementara quick count Pemilu 2019
Paslon nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin beserta partai koalisi saat memberikan keterangan pers terkait perolehan sementara quick count Pemilu 2019 di Jakarta, Kamis (18/4). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan