kumparan
6 Desember 2019 11:01

Jokowi Sidak ke RSUD Cilegon: 80% Pasien BPJS Gratis

Terawan dampingi Jokowi sidak ke RSUD Cilegon
Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Terawan, saat sidak ke RSUD Cilegon, Jumat (6/12). Foto: Dok. Istimewa
Presiden Jokowi kembali melakukan sidak pelayanan terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan. Kali ini, Jumat (6/12), Jokowi didampingi Menkes Terawan melakukan sidak di RSUD Cilegon, Banten.
ADVERTISEMENT
Sejumlah ruangan di RSUD Cilegon disambangi Jokowi. Dia juga berdialog dengan para pasien di sana.
Jokowi menyebut sekitar 80 persen pasien di rumah sakit tersebut merupakan penerima bantuan. Sementara lainnya merupakan pasien mandiri yang membayar secara sendiri.
"Ya yang pertama saya ingin memastikan apakah yang berada di kelas 3 itu BPJS. Hampir tadi 90 persen lebih memang BPJS. Memang sama seperti rumah sakit lain ya, saya kira 70-80 persen itu PBI (Penerima Bantuan Iuran), yang gratis," kata Jokowi di lokasi. PBI diberikan untuk masyarakat tidak mampu iuran BPJS Kesehatannya dibayar pemerintah.
"Sisanya 20 persen memakai yang mandiri, bayar sendiri. Saya kira kita kemarin di Lampung, di Subang, di sini, angka-angkanya hampir sama," lanjutnya.
Terawan dampingi Jokowi sidak ke RSUD Cilegon
Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Terawan, saat sidak ke RSUD Cilegon, Jumat (6/12). Foto: Dok. Istimewa
Dia mengaku sering menerima keluhan para pasien pengguna BPJS Kesehatan terkait penanganan dari rumah sakit. Jokowi mengakui bentuk pelayanan setiap rumah sakit saat ini memang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
"Kalau pelayanan setiap rumah sakit berbeda-beda. Ada yang rumah sakitnya sudah bagus, ada yang masih dalam proses pembenahan. Saya kira ini memerlukan proses di masing-masing rumah sakit," ujarnya.
Menurutnya, segala fasilitas rumah sakit yang belum maksimal tentunya menjadi tugas pemerintah daerah, baik pemkab/pemkot maupun pemprov.
"Karena rumah sakitnya, untuk kepemilikan, hampir semua dimiliki provinsi, kabupaten dan kota," tambahnya.
Sebelumnya, Jokowi juga melakukan sidak ke rumah sakit di Lampung dan Subang beberapa waktu lalu. Sidak pelayanan pasien BPJS Kesehatan itu dilakukan Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan