kumparan
Politik24 Mei 2019 16:58

Jokowi soal Pertemuan JK-Prabowo: Atas Inisiatif Pak JK dan Saya

Konten Redaksi kumparan
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan di Istana Negara. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo membenarkan adanya pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan capres 02 Prabowo Subianto. Meski begitu, Jokowi belum mengetahui detail pertemuan keduanya.
ADVERTISEMENT
Ia juga mengaku belum memiliki kesempatan bertemu JK secara langsung setelah pertemuan pada Kamis (23/5) kemarin.
"Kemarin sudah ketemu. Kemarin Pak Wapres, Pak JK sudah ketemu (dengan Prabowo)," kata Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (24/5).
"Saya belum ketemu Pak JK. Harusnya siang tadi, tapi ada acara lain tapi belum ketemu," imbuhnya.
Jokowi mengungkapkan rencana pertemuan JK dengan Prabowo merupakan inisiatifnya bersama JK juga. Ia juga enggan mengungkapkan lokasi dan waktu pertemuan JK dan Prabowo.
Jokowi, Jusuf Kalla, Prabowo di Meja Makan Istana
Jokowi, Jusuf Kalla, Prabowo di Meja Makan Istana Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan
Selain itu, ia belum akan banyak berkomentar sebelum didetailkan hasil pertemuan itu oleh JK.
"(Pertemuan dengan Prabowo) atas inisiatif Pak JK dan saya. Nanti kalau Pak Wapres sudah menyampaikan ke saya, baru saya bisa bicara, bisa ketemu," kata Jokowi.
ADVERTISEMENT
Terkait pertemuan dengan Prabowo, Jokowi belum bisa memastikan waktunya. Ia menyebut sudah sejak lama berinisiatif untuk bertemu dengan mantan Danjen Kopassus itu untuk sekadar bersilaturahmi.
"Enggak tahu, yang jelas setelah coblosan (pencoblosan) itu saya kan sudah menyampaikan kita berkeinginan berinisiatif untuk bertemu, tapi sampai sekarang belum ketemu," tuturnya.
Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Maher Algadri mengungkapkan pertemuan JK dengan Prabowo untuk membahas kondisi terkini pascapemilu. Cawapres 02 Sandiaga Uno juga menyebut pertemuan keduanya sebagai bentuk komunikasi politik, sekaligus langkah-langkah konstitusional yang akan dilakukan Prabowo-Sandi terkait gugatan sengketa Pilpres 2019.
Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 (NOT COVER)
Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019. Foto: Basith Subastian/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan