News
·
29 Oktober 2020 11:57

Jokowi Terima Mike Pompeo: Kunjungan Ini Buktikan Arti Penting Kemitraan RI-AS

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi Terima Mike Pompeo: Kunjungan Ini Buktikan Arti Penting Kemitraan RI-AS (372949)
Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (29/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi telah menggelar pertemuan dengan Menlu AS Mike Pompeo di Istana Bogor, Kamis (29/10). Pertemuan digelar secara tertutup dan Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan video dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Mike Pompeo tiba di Istana Bogor dengan mengenakan masker bercorak bendera Amerika Serikat. Ia disambut di pintu masuk utama Istana Bogor oleh Menlu Retno Marsudi.
Kemudian keduanya masuk dan Jokowi, yang juga menggunakan masker, langsung menyambut Menlu AS. Sebelum menggelar pertemuan, Jokowi mengajak Pompeo untuk berbincang di beranda Istana Bogor. Keduanya tampak tertawa sambil ngobrol santai.
Setelah itu, keduanya masuk ke dalam ruangan untuk menggelar pertemuan. Di awal pertemuan, Jokowi mengapresiasi kunjungan Pompeo ke Indonesia.
Jokowi Terima Mike Pompeo: Kunjungan Ini Buktikan Arti Penting Kemitraan RI-AS (372950)
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (29/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
"Kunjungan Anda di tengah pandemi ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat," ujar Jokowi mengawali pertemuan.
Selain itu, Jokowi menyebut, saling kunjung antar pejabat Indonesia dan Amerika Serikat terbilang sering dilakukan.
ADVERTISEMENT
"Selama pandemi ini, saling kunjung antar pejabat kita sangat intensif. Bahkan dapat saya sampaikan paling intensif," kata Jokowi.
Setelah pernyataan singkat Jokowi itu, pertemuan digelar secara tertutup.
Jokowi Terima Mike Pompeo: Kunjungan Ini Buktikan Arti Penting Kemitraan RI-AS (372951)
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (29/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Pompeo sendiri tiba di Jakarta sekitar pukul 02.00 WIB menggunakan pesawat kenegaraan Amerika Serikat. Ia disambut oleh Duta Besar AS yang baru yakni Sung Y. Kim.
Pompeo juga mengaku senang bisa kembali ke Indonesia. Pompeo menggelar rangkaian kunjungan ke Asia pada 25-30 Oktober. Negara yang dikunjungi adalah India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia. Visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka akan menjadi bahasan.