News
·
14 September 2020 14:00

Jokowi Tugaskan Luhut dan Doni Awasi Penanganan Corona di 8 Provinsi Prioritas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi Tugaskan Luhut dan Doni Awasi Penanganan Corona di 8 Provinsi Prioritas (82384)
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (kiri), bersama Joko Widodo di Hambalang. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Pemerintah saat ini tengah memfokuskan penanganan COVID-19 di 8 provinsi dengan tingkat penyebaran virus corona tertinggi. Dalam rapat terbatas antara Presiden Jokowi dengan sejumlah menteri terkait, diputuskan bahwa Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan turun melakukan evaluasi di 8 daerah tersebut bersama Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.
ADVERTISEMENT
"Presiden meminta dalam dua minggu ini dikoordinasikan dan dikonsentrasi lebih khusus di 8 wilayah yang terdampak lebih besar kenaikannya," kata Menko Perekonomia Airlangga Hartarto dalam konferensi persnya, Senin (14/9).
"Dan menugaskan Wakil Ketua Komite Pak Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Satgas COVID-19 untuk memonitor dan sekaligus melakukan evaluasi," lanjutnya.
Airlangga menuturkan, sebenarnya Jokowi lebih ingin penanganan COVID-19 dilakukan di ruang lingkup terkecil di masyarakat terlebih dahulu. Misalnya di tingkat RT atau RW.
"Pak Presiden meminta agar pengelolaan dari penurunan angka ini dikelola secara lokal untuk melakukan intervensi juga berbasis lokal. Sehingga monitoring dan evaluasi secara kedaerahan di daerah di 83.000 desa, RT/TW, untuk terus dapat termonitor," ucapnya.
Tak hanya itu, lanjut Airlangga, Jokowi juga ingin seluruh daerah bisa saling terintegrasi hingga ke tingkat pusat dalam penanganan corona. Sehingga, penanganan COVID-19 bisa menyeluruh tanpa ada tingkatan yang terlewatkan.
ADVERTISEMENT
"Keputusan yang menyangkut masyarakat banyak tentunya diputuskan secara terintegrasi dan ditujukan untuk menurunkan angka yang terdampak dari pada pandemi COVID-19," ungkap Airlangga.
8 provinsi yang menjadi prioritas penanganan corona yaitu Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua. Lalu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona