News
·
21 April 2021 11:39

Jozeph Paul soal Kasus Penistaan Agama: Antara Deg-degan dan Senang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jozeph Paul soal Kasus Penistaan Agama: Antara Deg-degan dan Senang  (10099)
Jozeph Paul Zhang. Foto: Youtube/Jozeph Paul Zhang
Polri telah menetapkan Jozeph Paul Zhang sebagai tersangka kasus penistaan agama karena diduga menghina Islam dan mengaku Nabi ke-26. Jozeph juga sudah tahu statusnya kini dan tengah diburu polisi.
ADVERTISEMENT
Jozeph mengatakan, keluarganya sempat didatangi sejumlah pihak. Dia juga sadar setelah pernyataannya itu, dia dicari-cari polisi walau dia meyakini hukum Indonesia tak berlaku untuknya.
"Ya gimana antara senang dan deg-degan juga," kata Jozeph seperti kumparan lihat dalam Youtube Hagio Europe, Rabu (21/4).
Pria bernama asli Sindy Paul Soerjomoeljono itu juga mulai merasa kerepotan karena kasus ini. Sebab, sejumlah video di aku youtubenya dihapus, akun youtubenya kini juga tak bisa diakses.
"Memang untuk sementara kita pindah ke sini ke Hagios Europe. Saya cukup repot karena semua sudah di sana banyak yang belum saya simpan," ucap dia.
Nama Jozeph Paul Zhang muncul setelah videonya ramai di media sosial. Dia beberapa kali menyampaikan pernyataan yang dinilai menghina Islam.
ADVERTISEMENT
Tindakan itu lalu dilaporkan ke Bareskrim Polri. Polri langsung melakukan pendalaman.
Jozeph rupanya sudah tak berada di Indonesia sejak Januari 2018. Setelah tercatat ada di Hong Kong, kini Jozeph diketahui berada di Jerman. Jozeph juga menyebut sudah mencabut kewarganegaraan Indonesia sehingga dia begitu percaya diri tak akan tersentuh oleh hukum Indonesia.
Jozeph Paul soal Kasus Penistaan Agama: Antara Deg-degan dan Senang  (10100)
Jozeph Paul Zhang. Foto: YouTube
Polri akhirnya menetapkan Jozeph sebagai tersangka kasus penistaan agama dan UU ITE. Polri menjerat Pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE tentang ujaran kebencian, dan Pasal 156 Huruf a tentang penodaan agama.
Polri juga melacak dokumen kenegaraan Jozeph. Catatan Ditjen Imigrasi, tak ada satu pun yang mencabut kewarganegaraan RI sejak 2017-2021. Sehingga Jozeph masih WNI.
Polri sudah menerbitkan DPO untuk Jozeph. Status ini lalu dikirimkan ke Interpol untuk diterbitkan red notice. Setelah itu, kepolisian setempat bisa menangkap Jozeph atau penyidik Polri menjemput ke Jerman.
ADVERTISEMENT