News
·
8 Juli 2020 11:50

JPO GBK Jadi Sasaran Vandalisme, Ada Tulisan 'Bagimu Strategi Bagiku Gimick'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
JPO GBK Jadi Sasaran Vandalisme, Ada Tulisan 'Bagimu Strategi Bagiku Gimick' (590228)
searchPerbesar
Ilustrasi Vandalisme Foto: Shutter Stock
Aksi vandalisme di fasilitas umum Jakarta kembali terjadi. Kali ini yang jadi sasaran Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Gelora Bung Karno (GBK).
ADVERTISEMENT
Aksi vandalisme itu diduga terjadi pada Selasa (7/7) malam. Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan saat ini pihaknya tengah mencari pelaku.
"Itu kan kita malam itu katanya. Kita enggak tahu juga itu siapa. Nah, itu kita lagi cari ke Dishub, kan CCTV Dishub yang pegang," ujar Bernard saat dikonfirmasi, Rabu (8/7).
Dia tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk melihat CCTV. Sebab menurutnya itu menjadi kewenangan mereka.
Sementara coretan di JPO GBK akan dibersihkan oleh Dinas Bina Marga. Pihaknya pun siap menindak pelaku yang melakukan vandalisme.
"Tapi enggak kena semuanya (CCTV). Sementara itu malam atau subuh itu, tapi kita sudah ngomong ke lurah biar dibersihin Bina Marga. Kita lagi selidiki ini. Kalau ketangkap pasti kita tindak," kata dia.
ADVERTISEMENT
Untuk penjagaan di JPO sendiri, kata dia, memang selalu masuk dalam pemantauan. Hanya saja, di atas jam 10.00 WIB petugas akan melakukan patroli. Jadi JPO tak terpantau setiap detik.
"Itu setiap hari kita jaga itu, cuma patroli doang. Kan personel terbatas enggak kuat sampai pagi jaga situ. Kalau sudah sampai jam 10.oo WIB kita tinggal patroli," jelasnya
Dilihat dari foto yang beredar, di salah satu sudut JPO GBK, bagian dinding terlihat penuh dengan coretan hitam. Tak hanya itu, bagian pembatas jembatan juga tampak dirusak.