News17 September 2020 19:04

Jumlah dan Laju Kematian Corona Tertinggi Ada di Surabaya hingga Semarang

Konten Redaksi kumparan
Jumlah dan Laju Kematian Corona Tertinggi Ada di Surabaya hingga Semarang (170834)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Kasus kematian pasien corona dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan cukup signifikan. Bahkan, empat hari terakhir kenaikan kasus kematian corona secara harian lebih dari 100 jiwa.
ADVERTISEMENT
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan Jawa Timur menjadi provinsi dengan penambahan kematian tertinggi dalam seminggu terakhir.
"Penting menilai risiko daerah dari persen kematian dan laju kematian per 100 ribu penduduk. Dalam seminggu terakhir, jumlah penambahan kematian mingguan tertinggi berada di Jatim, yaitu 218 kematian," ucap Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/9).
Namun berdasarkan prosentase kematian per 100 ribu penduduk, Sumatera Barat menjadi provinsi tertinggi, yakni meningkat 150 persen dibanding minggu sebelumnya.

Lantas, daerah mana saja yang memiliki jumlah kematian terbanyak dan laju kematian tertinggi akibat virus corona di Indonesia?

Jumlah dan Laju Kematian Corona Tertinggi Ada di Surabaya hingga Semarang (170835)
Seorang tenaga kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri lengkap dibantu petugas Linmas melakukan tes usap (swab test) COVID-19 pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di kawasan Pasar Keputran, Surabaya, Jawa Timur. Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto
Wiku menyebut Kota Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat, dan Makassar masuk dalam 10 kabupaten/kota dengan jumlah kumulatif terbanyak kematian akibat COVID-19.
ADVERTISEMENT
"4 kota ini masuk 10 besar kabupaten kota dengan jumlah kumulatif kematian tertinggi dan laju kematian tertinggi per 100 ribu penduduk. 4 kota ini agar betul-betul dapat menurunkan jumlah kumulatif kematian dan laju kematiannya," jelas Wiku.
Lalu Bali, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur juga tercatat sebagai provinsi dengan laju angka kematian tertinggi dalam sepekan terakhir.
Jumlah dan Laju Kematian Corona Tertinggi Ada di Surabaya hingga Semarang (170836)
Simulasi penanganan pasien yang diduga terinfeksi virus Corona di RSUP Sanglah Denpasar, Bali. Foto: Denita br Matondang/kumparan
"Bali, DKI Jakarta, dan Kaltim adalah provinsi dengan laju kematian tertinggi dalam satu minggu terakhir. Kami mohon kepada para gubernur, bupati, dan wali kota agar betul-betul dapat memantau perkembangan kasus secara keseluruhan, termasuk kematiannya," tutur dia.
Sementara Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Barat menjadi provinsi yang tak memiliki penambahan kematian dalam seminggu terakhir.
ADVERTISEMENT
Menurut Wiku, pemerintah yang disebutkan masih memiliki kematian corona yang tinggi ini agar meningkatkan pelayanan kesehatannya, khususnya bagi pasien berusia rentan.
Tak hanya itu, bagi warga yang masih sehat diminta disiplin protokol kesehatan sehingga tak menulari orang-orang rentan di sekitarnnya.
"Kami minta masyarakat disiplin menjaga diri dan tak menulari orang-orang terdekat. Terutama masyarakat usia rentan dimohon enggak keluar rumah jika tidak mendesak," tandasnya.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona