kumparan
search-gray
News22 Januari 2020 17:48

Jurnalis AS di Palangka Raya Ditangkap karena Langgar Izin Tinggal

Konten Redaksi kumparan
Jurnalis AS di Palangka Raya  Ditangkap karena Langgar Izin Tinggal (134867)
Arvin Gumilang, Kabag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Foto: Nugroho Sejati/kumpara
Jurnalis media Mongabay asal Amerika Serikat Philip Jacobson (30), ditangkap pada Selasa (21/1) oleh pihak imigrasi Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Ia ditangkap setelah sebulan menjadi tahanan kota di sana.
ADVERTISEMENT
Ditjen Imigrasi angkat bicara terkait penangkapan tersebut. Menurut Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Arvin Gumilang, Jacobson diduga melanggar izin visa.
"Baru per hari ini kami juga menerima informasi mengenai adanya jurnalis Amerika yang ditangkap. Dan bisa kami sampaikan bahwa sampai dengan saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan dari pihak imigrasi," kata Arvin saat ditemui di kantornya, Rabu (22/1).
"Namun, secara garis besar dapat disampaikan bahwa yang bersangkutan diduga melakukan pelanggaran dengan izin tinggal yaitu menggunakan visa kunjungan untuk kegiatan jurnalis," sambungnya.
Dikutip dari Mongabay Indonesia, Jacobson tiba di Palangka Raya pada 14 Desember 2019 lalu. Adapun tujuan Jacobson ke sana untuk bertemu dengan kelompok Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).
ADVERTISEMENT
Jacobson juga sempat mengikuti rapat dengar pendapat antara DPRD Kalteng dengan AMAN. Namun, sehari berikutnya saat Jacobson akan meninggalkan Palangka Raya, ia didatangi oleh pihak imigrasi.
Imigrasi kemudian menyita paspor Jacobson. Mereka pun meminta Jacobson untuk tidak meninggalkan Palangka Raya.
"Menurut informasi awal yang dapat kami sampaikan itu akan kegiatan wawancara-wawancara yang seharusnya tidak dilakukan. Yang seharusnya melakukan visa kunjungan, jadi sampai saat ini kami masih menunggu perkembangan selanjutnya. Apakah melakukan deportasi atau penyidikan, dan akan disampaikan kepada rekan-rekan media," pungkas Arvin.
Pendiri dan CEO Mongabay Rhett A. Butler menanggapi penangkapan salah seorang pegawainya. Ia menyayangkan tindakan yang dilakukan imigrasi Indonesia terhadap Jacobson.
“Saya terkejut bahwa petugas imigrasi mengambil tindakan langkah hukum terhadap Philip atas masalah administrasi. Kami mendukung Philip dalam kasus yang sedang berlangsung ini dan melakukan segala upaya untuk mematuhi otoritas imigrasi Indonesia," kata Butler.
Jurnalis AS di Palangka Raya  Ditangkap karena Langgar Izin Tinggal (134868)
Jurnalis Mongabay.com Philip Jacobson Foto: Dok. Mongabay.com
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white