News
·
22 Agustus 2020 5:34

Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah (165)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memamerkan alat tes PCR corona menyerupai koper ke KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Foto: Dok. Istimewa
Kabar Baik Corona - Kasus positif corona harian di Indonesia kembali melonjak di angka 2.197 orang. Angka ini terus dibarengi dengan penambahan kasus kematian harian mencapai 82 jiwa per Jumat (21/8).
ADVERTISEMENT
Meski demikian, pasien sembuh per Jumat bertambah 2.317 orang. Sejumlah kabar baik corona lainnya juga datang dari berbagai daerah.
Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah (166)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor DPRD Jawa Barat. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Ridwan Kamil Pamer PCR Koper ke KSAD: Bisa Periksa 8 Orang dalam 40 Menit
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memamerkan alat tes PCR seukuran koper ke KSAD, Jenderal Andika Perkasa, dan Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono di Gedung Sate. Alat tes swab corona tersebut dapat diberikan ke jajaran Kodim ataupun Babinsa yang ditempatkan di daerah.
Emil menyebut, alat itu dapat mengetes sejumlah orang dalam waktu singkat dan fleksibel karena cocok untuk geografis Indonesia. Sehingga angka pengetesan PCR di Jabar yang sudah menyentuh angka 189 ribu spesimen dapat ditingkatkan.
Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah (167)
Ilustrasi PCR. Foto: Dok: East Ventures
"Ini salah satu inovasi yang kita gunakan, kenapa? Karena Jabar ada kota dan desa, ada yang padat dan enggak, ada yang gampang dijangkau dan ada yang susah, kombinasi dengan laboratorium gedung dan kombinasi dengan mobil PCR dan PCR jinjing," ucap Emil.
ADVERTISEMENT
Andika Perkasa Sebut TNI-Polri Bantu Distribusi Vaksin Corona, 2 Bulan Selesai
Vaksin corona Sinovac yang didatangkan dari China ditargetkan diproduksi pada bulan Januari 2o21. Dengan catatan, uji klinis tahap ketiga di Bandung berjalan lancar.
Jika vaksin sudah diproduksi, Emil mengaku distribusi vaksin bakal melibatkan TNI dan Polri.
Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah (168)
Wakil Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan PEN, Andika Perkasa menyampaikan keterangan pers usai menerima hasil uji klinis tahap tiga obat baru untuk penanganan pasien COVID-19 dari tim peneliti Universitas Airlangga di Jakarta. Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
"Pak KSAD juga tadi menyampaikan, nanti pemberian vaksinnya ini butuh relawan TNI-Polri supaya pemberian tidak harus satu tahun, dan hanya dua atau tiga bulan dengan keterlibatan TNI dan Polri," kata Emil.
Saat ini, uji klinis tahap tiga masih berjalan. Sebanyak 1.620 relawan di Bandung secara bertahap mulai diimunisasi.
"Semua rakyat berjuang menyumbangkan tenaganya minimal menjauhi musuh. Saya kira itu," ucap Emil.
Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah (169)
Melihat proses produksi vaksin corona di Gedung 43 Bio Farma Bandung, Jawa Barat. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Tren Kematian di Jabar Konsisten Turun dalam 3 Pekan
ADVERTISEMENT
Menurut laporan WHO per 19 Agustus, dari 6 provinsi di Pulau Jawa, hanya provinsi Jawa Barat yang angka kematian akibat COVID-19 turun dalam 3 pekan terakhir.
Data terbaru menunjukkan, terdapat 9 kematian corona di Jabar. Angka ini menurun dari pekan sebelumnya, yakni 26 kasus kematian.
Saat ini, Jawa Barat memiliki 9.081 kasus positif, 4.970 pasien sembuh, dan 252 orang meninggal dunia.
Kabar Baik Corona: PCR Koper hingga Pasien di Jayapura yang Sembuh Bertambah (170)
Siswa SMP Negeri 6 Jayapura dengan masker di wajahnya berjalan meninggalkan sekolah usai melakukan pendaftaran ulang pada hari pertama sekolah di Jayapura. Foto: Gusti Tanati/ANTARA FOTO
Pasien Sembuh Corona di Kota Jayapura Capai 1.267 Orang
Angka kesembuhan pasien corona di Kota Jayapura terus bertambah. Dilansir Bumi Papua, jumlah pasien sembuh kini mencapai 1.267 orang.
Juru bicara Satgas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, menuturkan, jumlah kesembuhan pasien di Jayapura sudah melebihi angka pasien yang dirawat. Kondisi ini sudah terlihat sejak 1 minggu terakhir.
ADVERTISEMENT
"Secara kumulatif angka corona di Kota Jayapura mencapai 1.983, dengan angka kematian pasien mencapai 25 orang," ujar Nyoman.
Peningkatan kesembuhan ini membuat Pemkot Jayapura menutup Rumah Sehat Sahid Jayapura yang sebelumnya dijadikan RS darurat corona dengan gejala ringan, sedang dan pasien tanpa gejala.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***