News
·
8 September 2020 7:02

Kabar Baik Corona: Pemerintah Perpanjang Bansos-30 Calon Akmil Magelang Sembuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kabar Baik Corona: Pemerintah Perpanjang Bansos-30 Calon Akmil Magelang Sembuh (10347)
Palang Merah Indonesia (PMI) mensosialisasikan penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona. Foto: PMI
Jumlah kasus virus corona di Indonesia masih terus bertambah setiap hari. Berdasarkan data per 7 September 2020, jumlah kasus virus corona sebanyak 196.989 kasus positif, 8.130 meninggal dunia, dan 140.652 pasien sembuh.
ADVERTISEMENT
Kabar baiknya, pemerintah tengah mengembangkan vaksin corona Merah Putih, pun dengan uji klinis III vaksin corona Sinovac. Tak hanya itu, pemerintah pun memperpanjang sejumlah bantuan untuk masyarakat hingga tahun 2021.
Berikut sejumlah kabar baik yang telah kumparan rangkum untuk anda:

Pemerintah Perpanjang Bansos Tunai, Prakerja, dan UMKM Hingga 2021

Pemerintah memutuskan memperpanjang sejumlah program bansos di tengah pandemi corona. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan 4 program prioritas bansos akan dilanjutkan tahun depan.
4 Program bansos yang akan dilanjutkan hingga 2021 yaitu bansos tunai Presiden untuk UMKM, subsidi gaji yang akan dilanjutkan di kuartal pertama tahun depan, kartu prakerja, dan bansos tunai bagi penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima sembako.
Kabar Baik Corona: Pemerintah Perpanjang Bansos-30 Calon Akmil Magelang Sembuh (10348)
Kementerian Sosial salurkan bantuan sosial (bansos) untuk lanjut usia (lansia) terdampak pandemi corona di 5 provinsi. Foto: Kemensos
Airlangga berharap program bansos yang dilanjutkan ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi corona.
ADVERTISEMENT
"Dengan demikian program-program ini diharapkan menjaga daya beli masyarakat dalam situasi pandemi COVID dan Kemenkes akan menyiapkan operasionalisasi vaksinasi yang diperkirakan bisa dimulai di awal tahun dengan masuknya 30 juta vaksin diharapkan di akhir tahun ini," tutup Airlangga.

5 Provinsi di Indonesia Penuhi Standar WHO untuk Tes Corona

Kemenkes mengungkapkan ada 5 provinsi yang telah memenuhi standar WHO dalam tes corona. 5 provinsi itu adalah DKI Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, DI Yogyakarta, dan Kalimantan Selatan.
Kabar Baik Corona: Pemerintah Perpanjang Bansos-30 Calon Akmil Magelang Sembuh (10349)
Grafik laporan WHO terkait ketimpangan tes swab PCR corona di Indonesia. Foto: WHO
Tes di Yogyakarta bertambah nyaris 3 kali lipat. Sementara jumlah tes di Jakarta konsisten selama 3 minggu terakhir, dengan 3.055 per 1 juta penduduk per minggu.
Tes PCR di Sumatera Barat juga bertambah sedikit dari minggu sebelumnya. Sementara angka tes di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan juga masih konsisten selama 3 minggu.
ADVERTISEMENT

Subsidi Gaji Pekerja Dilanjutkan ke 2021

Program bagi-bagi subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan, dipastikan akan berlanjut. Kabar baik itu disampaikan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, usai mengikuti sidang kabinet yang dipimpin Presiden Jokowi.
"Bantuan untuk subsidi gaji akan dilanjutkan kuartal pertama tahun depan," kata Airlangga.
Kabar Baik Corona: Pemerintah Perpanjang Bansos-30 Calon Akmil Magelang Sembuh (10350)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas penyusunan Omnibus Law di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (27/12). Foto: Dok. BPMI Setpres/Lukas
Airlangga mengatakan, program ini dilanjutkan untuk membantu masyarakat kecil dari dampak pandemi virus corona. Sementara bantuan lainnya adalah bansos tunai dari Presiden atau bantuan presiden (Banpres), program Kartu Prakerja, hingga bansos non-tunai berupa bahan pokok maupun program Keluarga Harapan (PKH).

30 Calon Taruna Akmil Magelang yang Positif Corona Sudah Sembuh

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan 30 calon taruna Akademi Militer (Akmil) di Magelang dinyatakan sembuh dari virus corona. Mereka dinyatakan terjangkit virus corona pada awal Agustus 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
"Sudah selesai, sudah sembuh semua itu. Sudah lama itu," ujar Ganjar.
Kabar Baik Corona: Pemerintah Perpanjang Bansos-30 Calon Akmil Magelang Sembuh (10351)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) berdialog dengan sejumlah anggota APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia), di Campursari, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (25/8). Foto: Anis Efizudin/ANTARA FOTO
Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo. Ia mengatakan, kasus tersebut terjadi pada awal Agustus lalu.
"Mereka dirawat di Rumah Sakit Tingkat II Dr Soedjono, Magelang. Tapi sudah sembuh semua itu, sudah keluar rumah sakit semua," katanya.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona