News
·
15 Januari 2021 6:00

Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124376)
searchPerbesar
Ermando Armelino Piveta veteran perang dunia kedua asal Brazil meninggalkan rumah sakit Foto: REUTERS/UESLEI MARCELINO
Kasus virus corona masih terus bertambah setiap harinya. Bahkan, beberapa negara harus menghadapi kenaikan kasus yang signifikan.
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah kenaikan yang semakin masif, beberapa kembali menerapkan lockdown secara ketat. Vaksinasi juga di sejumlah negara juga sudah dimulai.
Bagaimana perkembangan penanganan corona di dunia? Berikut kabar corona dunia yang telah kumparan rangkum:

Indonesia, Turki, dan China Jadi 3 Negara yang Sudah Suntikkan Vaksin Sinovac

Indonesia telah melaksanakan penyuntikan vaksin corona Sinovac pada Rabu (13/1). Selain Indonesia, China dan Turki juga telah menyuntikkan vaksin Sinovac.
China terlebih dulu telah menyuntikkan vaksin buatan mereka ini pada sebagian penduduknya sejak bulan Juli 2020. Pendistribusiannya telah dilakukan dengan memprioritaskan para pekerja esensial, termasuk tenaga medis dan para kelompok masyarakat yang rentan terkena corona.
Turki juga telah memulai vaksinasi pada Rabu (13/1) waktu setempat. Menkes Turki Fahrettin Koca menjadi orang pertama penerima vaksin.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124377)
searchPerbesar
Botol vaksin penyakit CoronaVac Sinovac di Rumah Sakit Kota Ankara, Turki, Rabu (13/1). Foto: Turkish Health Ministry/Handout via REUTERS
Sementara vaksinasi secara luas dimulai pada Kamis (14/1). Pekerja medis menjadi kelompok yang menerima vaksin.
ADVERTISEMENT

Alasan Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac: Orang China Cerdas

Meski vaksin Sinovac mendapatkan sorotan karena uji klinis di Brasil menunjukkan tingkat efektivitas sebesar 50,4 persen, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memastikan akan tetap membeli vaksin Sinovac.
Duterte yakin vaksin corona Sinovac aman, meski senator Francis Pangilinan meminta pembatalan pembelian Sinovac.
"Orang China bukan tidak punya otak," ujar Duterte seperti dikutip dari Reuters.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124378)
searchPerbesar
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Foto: Ted ALJIBE / AFP
"Orang China cerdas. Mereka tak mungkin produksi bila tak aman, manjur dan terjamin," sambung dia.

Inggris Izinkan Pasien OTG COVID-19 Pulang dari Rumah Sakit Tanpa Tes Ulang

Inggris mengubah aturan yang membuat rumah sakit dapat memulangkan pasien COVID-19 tanpa harus dites kembali.
Pasien COVID-19 diizinkan pulang tanpa tes ulang adalah para OTG yang telah menyelesaikan isolasi selama 14 hari. Mereka diizinkan pulang jika tidak menujukkan gejala COVID-19 usai 14 hari isolasi.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124379)
searchPerbesar
Margaret Keenan pasien pertama di Inggris yang menerima vaksin corona Pfizer BioNtech COVID-19 di Rumah Sakit Universitas, Coventry, Inggris. Foto: Jacob King / Pool / REUTERS
Sebelum aturan tersebut muncul, rumah sakit wajib melakukan tes corona pada siapa pun yang akan dipulangkan. Paling tidak tes dilakukan 48 jam sebelum keluar dari isolasi.
ADVERTISEMENT
Menurut arahan yang diterbitkan dalam situs pemerintah Inggris, para OTG dianggap tidak akan menimbulkan risiko infeksi corona.
Namun, seorang anggota parlemen oposisi Inggris, Jonathan Ashworth, tidak sepakat dengan kebijakan tersebut. Menurutnya, tindakan itu memiliki konsekuensi besar.

Tim WHO Tiba di Wuhan untuk Selidiki Asal Virus Corona

Tim penyelidik dari WHO akhirnya tiba di Wuhan, China, untuk menyelidiki asal virus corona. Wabah COVID-19 diduga berasal dari salah satu pasar penjual satwa liar di Wuhan.
Pemimpin misi tersebut, Peter Ben Embarek mengatakan, sebelum memulai investigasi, tim akan menjalani isolasi di sebuah hotel di Wuhan. Isolasi adalah syarat mutlak dari pemerintah China kepada tim WHO.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124380)
searchPerbesar
Seorang pekerja medis yang memakai pakaian pelindung melakukan uji asam nukleat kepada seorang pekerja di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Foto: China Daily via REUTERS
"Setelah dua pekan (isolasi) kami bisa berkeliling dan bertemu rekan kami dari China serta pergi ke beberapa tempat yang ingin kami kunjungi," ujar Embarek seperti dikutip dari AFP.
ADVERTISEMENT
"Ini akan jadi perjalanan panjang untuk memastikan kami mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," sambung dia.

China Tolak 2 Anggota Tim Peneliti Asal-usul Corona dari WHO Masuk Wuhan

Meski demikian, China menolak masuk dua anggota tim penyelidikan WHO karena dinyatakan positif COVID-19 melalui tes antibodi. Mereka dilarang naik pesawat ke Kota Wuhan, China.
“Persyaratan pengendalian pencegahan epidemi yang relevan akan diberlakukan secara ketat,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dalam jumpa pers.

China Laporkan Kematian Pertama Akibat Corona dalam 8 Bulan Terakhir

China melaporkan kematian pertama akibat virus corona dalam delapan bulan terakhir.
Kabar tersebut muncul saat China menghadapi lonjakan baru virus corona. Satu provinsi bahkan sudah memberlakukan situasi darurat.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124381)
searchPerbesar
Seorang pekerja medis memberikan dosis vaksin corona di pusat vaksinasi sementara, Beijing, China, Minggu (3/1). Foto: cnsphoto/via REUTERS
Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai korban jiwa teranyar tersebut. Korban jiwa hanya diketahui berada di Provinsi Hebei.
ADVERTISEMENT
Hebei merupakan episenter baru penyebaran virus corona di China. Dengan demikian, total kematian akibat COVID-19 di China menjadi 4.635 orang.

China Laporkan Lonjakan Kasus Harian Corona Tertinggi dalam 10 Bulan

China melaporkan lonjakan kasus corona harian terbesar dalam lebih dari 10 bulan terakhir. Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan bahwa terdapat 138 kasus baru corona telah pada Rabu (13/1).
Angka tersebut naik dari jumlah sehari sebelumnya 115 pada Selasa (12/1). Kenaikan sebesar 138 kasus merupakan lonjakan tertinggi sejak 5 Maret 2020.
China juga melaporkan 1 kematian baru akibat corona. Ini merupakan kematian pertama akibat corona sejak pertengahan Mei 2020.
Komisi Kesehatan Nasional menambahkan sebanyak 124 kasus baru merupakan penularan lokal, sisanya infeksi dari luar negeri.
ADVERTISEMENT

Anwar Ibrahim Minta Raja Malaysia Akhiri Situasi Darurat

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim meminta Raja Sultan Abdullah untuk mengakhiri pemberlakuan situasi darurat. Kepada Raja, Anwar mengatakan bahwa situasi darurat adalah langkah yang disengaja Muhyiddin untuk mempertahankan kekuasaan.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124382)
searchPerbesar
Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim usai menjalani pemeriksaan polisi, di markas polisi Bukit Aman, di Kuala Lumpur , Malaysia Jumat (16/10). Foto: Lim Huey Teng/REUTERS
"Perdana Menteri cuma fokus untuk mempertahankan kekuasaannya," ujar Anwar.
Tuduhan maupun permintaan Anwar sampai sekarang belum direspons oleh kantor PM dan Istana Raja Malaysia. Bila permintaan Anwar ditolak, maka situasi darurat di Negeri Jiran akan berlangsung sampai 1 Agustus 2021.

Moskow Buka Kembali Sekolah, Namun Perpanjang Pembatasan

Moskow, Rusia, membuka kembali sekolah mulai Senin depan (18/12021). Namun di saat bersamaan, Moskow memperpanjang aturan pembatasan untuk menanggulangi pandemi COVID-19 hingga 21 Januari 2021.
ADVERTISEMENT
“Saya langsung saja. Keputusan untuk membatalkan pembelajaran jarak jauh di sekolah menengah sangat sulit,” ucap Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin.
Kabar Corona Dunia: Duterte Tetap Beli Vaksin Sinovac; Tim WHO Tiba di Wuhan (124383)
searchPerbesar
Siswa kelas satu menghadiri upacara yang menandai dimulainya tahun ajaran baru, di sebuah sekolah di Moskow, Rusia. Foto: Evgenia Novozhenina/REUTERS
Keputusan Sobyanin dilakukan seiring vaksinasi corona yang sudah dilakukan Rusia sejak akhir 2020. Sobyanin yakin vaksinasi adalah bagian dari proses pembukaan kembali kegiatan di Rusia secara bertahap.
Karena masih ada di tahap awal, maka Sobyanin memilih untuk membuka sekolah lebih dulu.
Agar situasi lebih terkendali maka dirinya memutuskan pula memperpanjang pembatasan kegiatan lain.

Jumlah Menteri di Malaysia yang Positif COVID-19 Bertambah 1, Total 4 Orang

Menteri Komunikasi dan Multi Media Malaysia Zahidi Zainul Abidin menambah panjang daftar penghuni kabinet yang terinfeksi virus corona. Zahidi jadi menteri Malaysia keempat yang tertular COVID-19 dalam waktu lima hari.
ADVERTISEMENT
Pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi, Zahidi dites corona pada Senin (11/1/2021) sepulangnya ke Kuala Lumpur dari kunjungan di Penang. Pada Rabu (13/1) hasil tes menunjukkan positif.
Zahidi lalu dirawat dan menjalani isolasi di RS Sungai Buloh.