News29 Juli 2020 19:11

Kakorlantas Minta Kesadaran Warga untuk Tak Mudik Saat Idul Adha

Konten Redaksi kumparan
Kakorlantas Minta Kesadaran Warga untuk Tak Mudik Saat Idul Adha (581)
Suasana antrean kendaraan bermotor yang melintas di titik pertemuan Tol Jakarta-Cikampek elevated II dengan Tol Jakarta-Cikampek KM 48, Senin (23/12). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Korlantas Polri sudah menyiapkan skema pengamanan untuk menghadapi arus mudik Idul Adha. Meski begitu, Polri tetap mengingatkan kesadaran warga untuk tidak pulang kampung.
ADVERTISEMENT
Ini bukan tanpa alasan. Pandemi virus corona saat ini belum sepenuhnya bisa dikendalikan.
Kakorlantas Minta Kesadaran Warga untuk Tak Mudik Saat Idul Adha (582)
Kakorlantas Irjen Pol Istiono saat cek kesiapan mudik libur Natal dan tahun baru di Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat usai memimpin apel pengamanan mudik Idul Adha, Rabu (297), memastikan tidak ada penyekatan di jalan yang menjadi jalur arus mudik. Tapi, dia tetap ingin warga sadar betul bahwa virus corona masih ada.
Tidak ada penyekatan sama sekali. Kita normal saja kita pada momentum ini menitikberatkan kesadaran masyarakat untuk tidak pulang kampung.
Irjen Pol Istiono
Kakorlantas Minta Kesadaran Warga untuk Tak Mudik Saat Idul Adha (583)
Ratusan kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (29/5). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Istiono yakin betul warga sudah tahu apa yang harus dilakukan dalam kondisi pandemi virus corona seperti sekarang ini. Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, penyebaran virus corona bisa diputus. Salah satu caranya dengan tidak mudik.
"Bila kesadaran masyarakat tinggi diharapkan penyebaran, memutus mata rantai COVID-19 bisa dicegah secara baik," ujar dia.

Kerahkan 15 Ribu Personel Amankan Mudik Idul Adha

Istiono menyebut, sebanyak 15 ribu personel kepolisian dilibatkan dalam pengamanan jalur arus mudik. Mereka diminta bekerja secara persuasif dan humanis.
ADVERTISEMENT
Istiono juga meminta jajarannya mengantisipasi kemacetan dekat pemotongan kurban. Untuk itu, lokasi pemotongan kurban menjadi salah satu prioritas pengamanan jalur mudik.
“Personel kita gelar 1/3 daripada personel Korlantas kurang lebih 15 ribu.
Kakorlantas Minta Kesadaran Warga untuk Tak Mudik Saat Idul Adha (584)
Infografis Jangan Mudik saat wabah corona. Foto: Kiagoos Aulianshah/kumparan
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white