kumparan
30 Juli 2019 6:43

Kala Anak Kabareskrim Lolos Akpol dengan Peringkat Terbaik

AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri bersama 38 Akpol lulusan MTP
AS SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri bersama 38 Akpol lulusan MTP. Foto: Dok. SDM Polri
Sebanyak 264 orang dinyatakan lolos calon taruna Akpol 2019, termasuk putra ke-2 dari Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis. Para calon taruna yang lolos itu terdiri dari 31 perempuan dan 233 laki-laki. Mereka telah melewati 7 rangkaian tahapan seleksi.
ADVERTISEMENT
AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, putra ke-2 Komjen Pol Idham Azis bernama Irfan Urane Azis menjadi salah satu calon taruna yang lolos dengan peringkat terbaik.
"Penghargaan diberikan kepada para catar dengan nilai terbaik dari aspek jasmani, akademik, dan tes kompetensi manajerial serta catar dengan nilai akhir tertinggi atas nama Irfan Urane Azis dari pengiriman Polda Metro Jaya,” ujar Eko lewat keterangan tertulisnya, Minggu (28/7).
AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri dalam sidang akhir Taruna Akpol
AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri dalam sidang akhir Taruna Akpol. Foto: Dok AsSDM Polri
Di posisi kedua setelah Irfan, ditempati salah satu calon taruna yang berasal dari keluarga wiraswasta. Calon taruna ini berhasil meraih nilai 92 di tujuh tahapan ujian.

Anak yang berprestasi dan kebanggaan orang tua

Terlepas dari sosok sang ayah, selama ini, Irfan merupakan anak yang berprestasi. Ia pernah menjadi salah satu juara olimpiade internasional. Ia juga meraih nilai sempurna pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 di Magelang. Eko memastikan, tidak ada intervensi saat menetapkan Irfan menjadi lulusan terbaik.
ADVERTISEMENT
"Enggak ada (intervensi). Memang baik sekali, sesuai dengan hasil seleksi, kakaknya juga sekarang sudah jadi taruna Akpol," kata Eko kepada kumparan, Senin (29/7).
Sebelum Irfan, putra sulung Idham Azis memang sudah lebih dulu masuk menjadi taruna Akpol. Saat itu, ia juga merebut nilai terbaik di antara teman-teman seangkatannya.
"Waktu tes juga seperti ini, juara seperti adiknya. Itu murni hasil tes mereka, karena kompetensi dan persiapannya maksimal," tuturnya.
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis
Komjen Pol Idham Azis Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Merespons prestasi sang anak, Idham Azis mengaku bangga. Menurutnya, sudah sepantasnya sebagai orang tua ia memberikan yang terbaik untuk anaknya.
"Ya sebagai ayah saya tentu bangga dengan pencapaian dia. Kewajiban saya menyiapkan anak-anak yang terbaik untuk masa depannya," kata Idham Azis kepada kumparan, Senin (29/7).
ADVERTISEMENT
Idham Azis mengaku sudah menggembleng Irfan sejak jauh hari sebelum seleksi. Namun soal hasil, semua dikembalikan ke kemampuan dan semangat Irfan.
"Disiapkan dengan baik, dari sisi akademis. Selain menyiapkan akademisnya, juga disiapkan fisik dan mentalnya sehingga dia mampu melewati semua tahapan tes," pungkas eks Kapolda Metro Jaya itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan