kumparan
27 Desember 2019 13:49

Kaleidoskop 2019: Kabar Duka dari Tokoh Nasional

PTR, Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono memberi sambutan di acara enam bulan meninggalnya Ani Yudhoyono. Foto: Dok. Abror Rizky
Kabar duka tersiar di sepanjang tahun 2019. Mulai dari meninggalnya istri dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Presiden ke-3 RI BJ Habibie.
ADVERTISEMENT
Selain mereka, sejumlah tokoh nasional juga tutup usia pada tahun 2019. Siapa saja? kumparan merangkumnya untuk Anda.

Awaluddin Djamin

Kapolri periode 1978-1982 Jenderal (Purn) Awaluddin Djamin meninggal dunia di RS Medistra, Jakarta pada 31 Januari 2019. Almarhum meninggal pada usia 91 tahun.
Sebelum menjabat sebagai Kapolri, almarhum pernah ditunjuk sebagai Menteri Tenaga Kerja di masa Presiden Sukarno. Ia bertugas mulai 24 Februari 1966 hingga 17 Oktober 1967. Ia juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jerman pada 1976.
Perayaan HUT Eks Kapolri Awaluddin Djamin
Perayaan HUT Eks Kapolri Awaluddin Djamin Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Salah satu kontribusi besar almarhum di Polri adalah turut aktif menyumbang gagasan dalam materi KUHAP yang disahkan melalui UU No.8 1981. Dengan terbitnya UU tersebut, KUHAP resmi menjadi pengganti Het Herziene Reglement (HIR), hukum acara pidana warisan Belanda.
ADVERTISEMENT

Nani Soedarsono

Menteri Sosial Kabinet Pembangunan IV (1983-1988) Nani Soedarsono tutup usia pada 16 Februari 2019. Almarhum meninggal pada usia 91 tahun di RS Medistra, Jakarta.
Nani Soedarsono
Nani Soedarsono. Foto: nanisoedarsono.com
Semasa hidupnya, almarhum pernah menjadi Sekjen DPP Kongres Wanita Indonesia pada 1974-1978. Selain itu, almarhum juga kerap ditunjuk untuk mengisi jabatan struktural di Partai Golkar terutama di bidang yang terkait perempuan.

Mahadi Sinambela

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Mahadi Sinambela meninggal dunia pada 1 Maret 2019. Putra Mahadi, Reza Sinambela menuturkan, ayahnya meninggal di usianya ke-71 tahun karena penyakit usus buntu. Ia mengatakan, sang ayah juga memiliki riwayat penyakit stroke sejak 2016.
Mahadi Sinambela
Mahadi Sinambela. Foto: Dok. Kemenpora
Sebelum menjadi menteri, almarhum pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Golkar pada 1994.
ADVERTISEMENT

Hari Sabarno

Mantan Menteri Dalam Negeri era Presiden Megawati Soekarnoputri, Hari Sabarno, meninggal dunia pada 31 Mei 2019. Hari wafat pada usia 74 tahun di RS Cibubur, Jakarta.
Hari Sabarno
Hari Sabarno. Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Selain sebagai Mendagri, almarhum pernah diangkat oleh Presiden Megawati sebagai Menkopolhukam (Ad interim) untuk menggantikan SBY. Ia juga tercatat dua kali sebagai ketua fraksi ABRI di DPR RI periode 1997-1999 dan 1999-2004.

Ani Yudhoyono

Istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, meninggal dunia di National University Hospital, Singapura pada 1 Juni 2019. Almarhum meninggal pada pukul 11.50 waktu setempat karena kanker darah.
Kesehatan almarhum mulai menurun setelah mendampingi kampanye SBY di Pemilu 2019. Meski sempat membaik, sejak 29 Mei 2019, kondisi kesehatan Ani Yudhoyono semakin turun. Hingga akhirnya masuk ruang ICU National University Hospital untuk perawatan secara intensif.
LIPSUS, Ani Yudhoyono, Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono
Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Instagram/@aniyudhoyono
Kabar kepulangan Ani menjadi sorotan media internasional. Washington Post, membuat tajuk berita berjudul "Former Indonesian first lady Ani Yudhoyono dies at 66". Media seperti The Star, South China Morning Post, dan Bloomberg pun memuat artikel serupa.
ADVERTISEMENT

Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho wafat di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, 7 Juli 2019. Ia meninggal pada usia 49 tahun karena kanker paru-paru.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Meninggal
Seorang WNI menunjukkan foto Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho ketika dirawat di Modern Hospital Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019). Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Pada Juni 2019, Sutopo sempat pamit kepada warganet melalui akun Instagramnya untuk berobat ke Guangzhou. Rupanya, unggahan tersebut merupakan unggahan terakhir Sutopo.
BNPB memberikan penghargaan kepada almarhum Sutopo Purwo Nugroho atas dedikasinya hingga akhir hayatnya. Nama Sutopo resmi dipakai sebagai nama ruang serba guna di lantai 15 Graha BPNB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Ruang itu diberi nama Ruang Serba Guna Dr Sutopo Purwo Nugroho.

Cosmas Batubara

Mantan Menteri Ketenagakerjaan era Orde Baru Cosmas Batubara meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta, 8 Agustus 2019. Almarhum meninggal dunia pada usia 80 tahun. Sebelum meninggal dunia, Cosmas menjabat sebagai Rektor Podomoro University.
ADVERTISEMENT
Tokoh kelahiran Simalungun, Sumatera Utara, pada 1938 ini, pernah menjadi Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66.
Cosmas Batubara
Cosmas Batubara. Foto: Wikimedia Commons
Pada masa Pemerintahan Orde Baru, dia pernah menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat, dan juga Menteri Tenaga Kerja. Cosmas meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

BJ Habibie

Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia pada 11 September 2019. Ia mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada pukul 18.05 WIB. Sebelumnya, Habibie mendapatkan perawatan intensif di RSPAD sejak 2 September.
BJ Habibie Meninggal, Stok Foto BJ Habibie
BJ Habibie. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Jenazah almarhum dikebumikan di Makam Pahlawan Kalibata slot 120 pada tanggal 12 September 2019 pukul 14.00 WIB. Upacara pemakaman dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai inspektur upacara.
ADVERTISEMENT
"Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan Sang Pionir. Kami akan selalu ingat pesanmu:jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan diri ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan berjaya di Asia dan dunia',” ucap Jokowi kala itu.
Di dunia aeronautika, Habibie juga dikenal dengan nama Mr Crack. Nama tersebut diambil dari teori 'Crack Progression' yang dia temukan. Dalam teori ini, Habibie menunjukkan cara untuk memprediksi titik awal retakan pada sayap pesawat terbang secara detail dan presisi hingga tahapan atom. Teori ini menjadi salah satu teori penting di dunia penerbangan.

Muhammad Yusuf Asy'ari

Menteri Perumahan Rakyat Kabinet Indonesia Bersatu, Muhammad Yusuf Asy'ari meninggal dunia pada 14 November 2019 pukul 14.12 WIB. Almarhum meninggal pada usia 74 tahun di RS Pondok Indah, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Sebelum ditunjuk SBY sebagai menteri, almarhum pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan RCTI dan anggota Partai Keadilan Sejahtera. Semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ia aktif dalam organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan