News
·
30 September 2020 16:16

Kapolda Sumut Jawab Komplain Arteria Dahlan Soal Polwan di Kasus Tanah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapolda Sumut Jawab Komplain Arteria Dahlan Soal Polwan di Kasus Tanah (37882)
Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan menyoroti kasus tanah di Sumatera Utara.
ADVERTISEMENT
Arteria Dahlan melaporkan ke Kapolri Jenderal Idham Azis bahwa ada anggota Polwan di Sumut, diduga menyerobot tanah warga seluas 1,3 hektar.
Menanggapi laporan Arteria, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin membenarkan, sengketa tanah tersebut.
Kata Martuani kasusnya masih ditangani Ditkrimum Polda Sumut. Namun dia tidak merinci perkembangan kasus nya seperti apa.
“Sedang diperiksa,” ujar Martuani kepada kumparan, Rabu (30/9).
Martuani menjelaskan sengketa tanah tersebut terjadi antara warga berinisial P dan Polwan berinisial M di Kabupaten Batubara. Keduanya saling mengklaim memiliki tanah tersebut
“Dua-duanya mengklaim kepemilikan tanah di Batubara dengan kepemilikan SKT (Surat Keterangan Tanah) dari desa. Kasusnya sedang ditangani di Ditkrimum Polda Sumut,” ujar Martuani
Sebelumnya atas laporan Arteria, Jenderal Idham mengatakan, akan meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin untuk memeriksa Polwan berinisial M. Bahkan, oknum Polwan tersebut juga akan diperiksa Divisi Propam Mabes Polri.
Kapolda Sumut Jawab Komplain Arteria Dahlan Soal Polwan di Kasus Tanah (37883)
Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, saat memberikan keterangan pers di RS Bhayangkara Medan. Foto: Istimewa
“Masalah tanah di Sumut, tadi bang Arteria tanya. Saya sudah minta langsung Pak Kapolda Sumut tegakkan luruskan saja. Kalau memang itu salah, proses periksa,” kata Idham dalam tayangan Youtube TVR Parlemen, Rabu (30/9).
ADVERTISEMENT
Enggak sanggup Kapolda Sumut periksa, bawa ke Propam Mabes Polri saja,” imbuh Idham. Idham mengakui terdapat oknum polisi yang bermasalah dalam mengemban tugasnya. Meski begitu, Ia memastikan masih ada anggota Polri yang memiliki integritas.
“Tapi saya sampaikan ke bapak masih banyak polisi di republik ini yang punya nurani. Yang komitmen dan integritas,” ujar Idham.