kumparan
12 November 2019 16:30

Kapolri Temui Menteri LHK, Bahas Karhutla hingga Illegal Logging

Idham Azis bertemu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar
Kapolri Jenderal Idham Azis bertemu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Foto: Dok. Polri
Kapolri Jenderal Idham Azis kembali melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintahan. Kali ini, Idham bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar di Kementerian LHK, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Pertemuan mereka berlangsung secara singkat sekitar 25 menit. Idham tiba sekitar pukul 11.10 WIB kemudian pergi meninggalkan lokasi pukul 11.35 WIB.
Dalam pertemuan singkat itu, Idham dan Siti membahas penguatan kerjasama antara Polri dan Kementerian LHK. Ada tiga hal yang menjadi pembahasan khusus yakni mengenai penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), illegal logging dan perburuan satwa liar yang dilindungi.
"Polri beserta jajaran siap memback up segala penegakan hukum yang dilakukan oleh jajaran KLHK," kata Idham dalam keterangannya, Selasa (12/11).
Idham Azis bertemu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar
Kapolri Jenderal Idham Azis bertemu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Foto: Dok. Polri
Pertemuan itu juga dijadikan oleh mantan Kapolda Metro Jaya itu untuk silaturahmi dan menyampaikan visi-misi sebagai Kapolri baru. Idham juga turut mengenalkan diri dengan seluruh jajaran Kementerian LHK.
"Polri dan Kementerian LHK sudah bahu membahu dan berkoordinasi intens atas kejadian kebakaran hutan dan lahan. Kita tahu bersama karhutla sudah menjadi isu global terkait perubahan iklim bumi, tapi yang utama tetaplah warga, masyarakat yang terdampak menjadi perhatian kita bersama," jelas Idham.
ADVERTISEMENT
Lebih jauh, Idham menegaskan Polri dan Kementerian LHK akan terus berusaha agar ke depan peristiwa karhutla bisa dengan cepat diatasi. Mereka akan memperbaiki mulai dari sistem pencegahan hingga penegakkan hukum.
"Mulai dari sistem peringatan dini, langkah-langkah antisipatif dan penegakan hukum. Hal-hal lain yang bersinggungan dengan tugas Polri akan kami memantapkan untuk kerja sama dengan kementerian LHK," tutur Idham.
Dalam pertemuan itu, dihadiri oleh Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Direktur Penegakan Hukum Pidana Yazid Nurhuda, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan Sustio Iriono, Dirjen Planologi Sigit Hard Winarto, Tenaga Ahli Menteri Brigjen Jhony Siahaan, dan Staf Khusus Menteri Yuyu Rahayu.
Sedangkan Kapolri didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Sigit Listyo Wibowo, Kadiv Humas Polri Irjen M. Iqbal, Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran, dan Korspripim Polri Kombes Ferdy Sambo.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan