News18 Juli 2020 21:28

Kasus Corona di Unhas Makassar Bertambah, 8 Dosen Positif COVID-19

Konten Redaksi kumparan
Kasus Corona di Unhas Makassar Bertambah, 8 Dosen Positif COVID-19 (1263091)
Dosen di UNHAS Makassar jalani tes swab corona. Foto: UNHAS
Angka kasus positif virus corona di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Kota Makassar kian bertambah. Dari hasil swab dan pengujian metode PCR pada Jumat (17/7) lalu, sebanyak 8 dosen dinyatakan positif virus corona.
ADVERTISEMENT
"Setelah dilakukan pengambilan sampel swab dan pengujian dengan metode PCR, sebanyak 8 dosen di antaranya ditemukan positif COVID-19. Hasil ini diterima secara lengkap kemarin," ungkap Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Sabtu (18/7).
Sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan rapid test terhadap 1.000 dosen pada tanggal 8-10 Juli 2020. Sebanyak 19 orang reaktif COVID-19.
Menurut Suharman, delapan dosen itu dalam kondisi terinfeksi tanpa gejala, sehingga diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri.
"Sejak dilakukan pengambilan sampel swab untuk test PCR, setiap dosen yang ditemukan positif langsung menjalankan isolasi mandiri," ujarnya.
Selain itu, Tim Satgas COVID-19 Unhas juga segera menelusuri kontak pasien untuk mencegah terjadinya penyebaran yang makin meluas.
Dosen yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini menyebar pada fakultas yang berbeda-beda di Kampus Unhas.
ADVERTISEMENT
Proses pemeriksaan potensi COVID-19 terhadap sejumlah dosen juga dilaksanakan Unhas dengan dukungan dari Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Selatan, Gugus Tugas Kota Makassar, Rumah Sakit Daya, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kota Makassar.
Kasus Corona di Unhas Makassar Bertambah, 8 Dosen Positif COVID-19 (1263092)
Dosen di UNHAS Makassar jalani tes swab corona. Foto: UNHAS

Kasus Corona di Unhas Terus Bertambah

Di akhir Juni lalu, ada sebanyak 25 pegawai di Unhas dinyatakan positif terjangkit virus corona. Mereka juga tidak memiliki gejala atau masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).
Diawal Juli, sejumlah pejabat Unhas diumumkan terpapar virus Corona, di antaranya yakni Ketua Tim Satgas COVID-19 Unhas Prof dr Budu, yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unhas, pejabat lain di FK Unhas dan di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas.
"Iya benar. Tapi selain Prof dr Budu, ada pejabat lain juga positif. Mereka Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran (FK) dan Dekan FKG Unhas, mereka mengonfirmasikan positif COVID-19," kata Ishaq saat diwawancarai, Rabu (8/7).
ADVERTISEMENT
****
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white