Kata Khofifah soal Laporan ke KPK Bernuansa Politis: Persis Seperti 6 Tahun Lalu

7 Juni 2024 20:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Paslon cagub cawagub Jatim Khofifah dan Emil Dardak tiba di kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Jumat (7/6/2024). Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Paslon cagub cawagub Jatim Khofifah dan Emil Dardak tiba di kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Jumat (7/6/2024). Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bakal calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) petahana, Khofifah Indar Parawansa, enggan menanggapi soal pelaporan dirinya ke KPK. Khofifah dilaporkan ke KPK atas dugaan korupsi program verifikasi dan validasi warga miskin di Kemensos 2015.
ADVERTISEMENT
"Mungkin boleh dicek di dumas ya laporannya seperti apa," kata Khofifah di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6).
Saat ditanya apakah pelaporan itu sarat unsur politik, Khofifah mengatakan hal yang sama juga sempat terjadi saat dirinya maju di Pilgub Jatim periode 2018-2023.
"Ya itu persis terjadi enam tahun yang lalu pada saat kami running kampanye juga (pelapor) yang sama menyampaikan itu," tutupnya.
Ilustrasi KPK. Foto: Hedi/kumparan
Sebelumnya, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Sipil, Sutikno, melaporkan Khofifah terkait dugaan korupsi program verifikasi dan validasi warga miskin di Kemensos 2015 yang diklaim, berdasarkan audit BPK, merugikan negara Rp 98 miliar.
Kemudian ada juga dugaan pengadaan proyek tenda dengan dugaan kerugian negara Rp 7,8 miliar. Saat itu, kuasa pengguna anggaran pengadaan di Kemensos itu Adhy Karyono. Adhy kini menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Laporan ini masuk ke bagian pengaduan masyarakat (dumas). Laporan tersebut akan diverifikasi apakah layak untuk ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya seperti pengumpulan bahan keterangan hingga penyelidikan. KPK saat ini tengah menelaah laporan tersebut.
“Setelah kami dicek di pengaduan masyarakat, memang betul ada laporan di bagian pengaduan masyarakat,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.