kumparan
20 Oktober 2019 8:23

Kawasan Monas Ditutup Situasional, Buka Lagi Saat Kondusif

LIPSUS Halo Ibu Kota Baru, Simbolik Kota Jakarta (NOT COVER)
Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) ditutup hari ini, Minggu (20/10), karena pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan di sekitar Istana Negara.
ADVERTISEMENT
"Pengumuman, sehubungan dengan giat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024, kawasan dan wisata monas ditutup untuk umum, hari Minggu 20 Oktober 2019. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis akun Instagram @monumen.nasional.
Loading Instagram...
Menurut Kepala Seksi Ketertiban UPT Monas, Yayang Kustiawan, penutupan juga dikarenakan kawasannya yang berdekatan dengan Istana Negara yang berada di kawasan ring satu.
"Hasil koordinasi dengan TNI-Polri, jadi semua kawasan akan ditutup sepenuhnya, karena lokasinya berada di ring satu. Sebagai langkah antisipasi untuk menekan adanya kejahatan di lingkup istana," kata Yayang dikutip Antara.
Selain alasan keamanan, kawasan Monas juga akan digunakan sebagai lokasi transit dan sterilisasi tamu yang akan hadir ke Istana Negara.
"Jadi di Monas ada tenda untuk pengecekan keamanan pakai metal detector, konsepnya sih itu tidak disampaikan ke kami. Ya biasa seperti saat lebaran, open house, itu kan ditampung dulu di Monas, disortir, baru setelah itu dibawa ke istana menggunakan bus," jelas Yayang.
LIPSUS, LIPSUS, MENTERI BARU JOKOWI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin di gedung KPU, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Kawasan Monas telah ditutup Sabtu (19/10) malam pukul 24.00 WIB. Namun, penutupan ini bersifat situasional dan bisa menyesuaikan dengan situasi.
ADVERTISEMENT
"Durasi penutupan itu menyesuaikan. Artinya kalau memang sorenya sudah dinilai kondusif, ya kami buka," ujar Yayang.
Sedangkan Monas akan tetap tidak beroperasi untuk umum pada Senin (21/10) dikarenakan perawatan kawasan tersebut.
Kawasan Monas telah disterilisasi sejak beberapa hari lalu. Selain itu, rencananya seusai pelantikan yang berlangsung Minggu pukul 14.30 WIB, akan diadakan acara syukuran dan inaugurasi yang digelar relawan Jokowi-Ma'ruf di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga Taman Pandang Istana.
Begitu juga Jalan Medan Merdeka Selatan yang disterilkan karena berada di depan Istana.