News
·
23 Oktober 2020 14:01

Kebakaran yang Tewaskan 1 Keluarga di Tangerang Makin Besar Akibat Ledakan Mobil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kebakaran yang Tewaskan 1 Keluarga di Tangerang Makin Besar Akibat Ledakan Mobil (44077)
Petugas memadamkan api. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Kejadian nahas menimpa satu keluarga di Perumahan Bumi Permai Sentosa, Desa Palasari, Kecamatan Legok, Tangerang. Rumah yang mereka diami hangus terbakar pada Jumat (23/10) dini hari.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan BPBD Kabupaten Tangerang, kebakaran awalnya terjadi akibat korsleting listrik di bagian atap rumah. Namun percikan api menjalar ke mobil yang ada di bawahnya hingga menyebabkan ledakan besar.
"Dari berbagai info kayaknya listrik korsleting, jadi kebakaran di langit langit, terus jatuh ke bawah terus di bawahnya ada mobil kan, mobil itu nambah besar api, ada bensinnya dan ada segala macam sehingga ada ledakan sampai 3 kali," kata Kosrudin, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, kepada wartawan.
Awalnya api membakar bagian depan rumah. Hal ini membuat satu keluarga yang terdiri dari Ayah (Saidun Sinaga 51 tahun), ibu (Rianti 48 tahun), anak pertama perempuan (Risa 25 tahun), anak kedua perempuan (Nia 22 tahun) dan anak ketiga laki-laki (Alvin 18 tahun) terjebak di dalam rumah.
ADVERTISEMENT
Mereka berupaya memadamkan api sendiri. Karena panik dan gugup, mereka lupa mengabari pemadam kebakaran.
"Bukannya telepon damkar, malah memadamkan, hampir baru sejam dan setengah jam baru ingat, dan ditelepon lah kami, kebetulan akses jalan di situ sangat kecil pas-pasan mobil, sehingga yang mestinya 15 menit sampai hampir, 30 menit," kata Kosrudin.
BPBD menduga satu keluarga ini meninggal dunia kehabisan napas karena banyak menghirup asap. Dugaan diperkuat karena hanya ada 1 pintu keluar di bagian depan rumah.
Kebakaran ini menghanguskan rumah milik korban. Sementara beberapa rumah di sekitarnya hanya terpapar api sebagian.