News9 Maret 2018 17:53

Kebun Binatang Bandung: Orang Utan Ozon Merokok karena Contoh Manusia

Konten Redaksi kumparan
Kebun Binatang Bandung: Orang Utan Ozon Merokok karena Contoh Manusia (145506)
Kasus orang utan merokok di Bandung (Foto: ANTARA FOTO/ Raisan Al Farisi)
Tim Kesehatan Kebun Binatang Bandung langsung bertindak setelah video orang utan bernama Ozon tengah merokok viral di media sosial. DJ (27), pengunjung yang melemparkan rokok kepada Ozon, kemudian menyerahkan diri dan ditetapkan polisi sebagai tersangka.
ADVERTISEMENT
"Setelah peristiwa pelemparan rokok, tim kesehatan langsung memantau kesehatan orang utan. Perilaku masih normal, tidak ada luka," kata dokter hewan Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko, di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Jumat (9/3).
"Tetapi yang dikhawatirkan perubahan perilaku orang utan tersebut menjadi tidak normal lagi," lanjut dia.
Kebun Binatang Bandung: Orang Utan Ozon Merokok karena Contoh Manusia (145507)
Orang utan merokok (Foto: Facebook/Marison Guciano)
Dedi menjelaskan, perilaku Ozon yang bisa merokok dikarenakan orang utan itu sering melihat tingkah laku para pengunjung. Termasuk mereka yang merokok saat melihat Ozon.
"Di Kebun Binatang Bandung tidak ada larangan untuk merokok. Jadi para pengunjung suka pada merokok di dalam. Mungkin, orang utan itu memperhatikan perilaku manusia saat merokok," ucap Dedi Trisasongko.
Dedi Trisasongko menuturkan orang utan sangat pandai untuk meniru perilaku manusia, bahkan 90 persen gen orang utan mirip manusia.
ADVERTISEMENT
Untuk itu ke depan, pihak Kebun Binatang Bandung akan melakukan pembenahan agar kejadian seperti Ozon tak terulang.
"Kita juga akan tegas melarang pengunjung memberikan apa pun ke satwa," ungkapnya.
Pengunjung Kebun Binatang Bandung, DJ, menyerahkan diri ke pihak Kebun Binatang Bandung setelah perbuatannya melemparkan rokok ke Ozon viral di media sosial. Ia mengakui perbuatannya itu karena iseng semata.
DJ dijerat dengan Pasal 302 ayat 1 huruf a KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tiga bulan penjara. Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, DJ tidak ditahan oleh polisi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white