News
·
4 Agustus 2020 13:34

Kejaksaan Agung Usut Dugaan Pidana Pertemuan Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kejaksaan Agung Usut Dugaan Pidana Pertemuan Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra (355600)
Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Berkas pemeriksaan pengawasan Kejaksaan Agung terhadap Jaksa Pinangki Sirna Malasari sudah sampai ke Jampidsus. Usai menerima berkas tersebut, jaksa pada Jampidsus akan menelusuri ada atau tidak adanya dugaan pidana yang dilakukan Jaksa Pinangki terkait polemik buronnya Djoko Tjandra.
ADVERTISEMENT
"Dari hasil pemeriksaan pengawasan, tadi sudah disampaikan oleh Pak Direktur Penyidikan untuk yang dugaan terhadap adanya suatu peristiwa yang diduga pidana, itu sudah diserahkan ke Jampidsus," kata Hari dalam keterangannya yang disiarkan melalui Instagram Kejaksaan RI, Selasa (4/8).
Hari mengatakan, selanjutnya berkas tersebut ditindaklanjuti sesuai dengan SOP yang ada di Jampidsus. Hasil pemeriksaan pengawasan Kejaksaan Agung tersebut akan ditelaah apakah ada dugaan pidana atau tidak.
"Dari hasil telaah nantinya ada waktu tertentu, mudah-mudahan minggu depan sudah bisa kami sampaikan apakah nanti akan meningkat menjadi proses selanjutnya yang dalam hal ini prosesnya adalah penyelidikan," kata Hari.
Kejaksaan Agung Usut Dugaan Pidana Pertemuan Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra (355601)
Terdakwa kasus Bank Bali sekaligus Dirut PT Era Giat Prima, Djoko S Tjandra mendengarkan tuntutan jaksa penuntut umum dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Rabu (23/2/2000) Foto: Maha Eka Swasta/Antara Foto
Sementara itu Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung, Febri Ardiansyah, mengatakan, berkas tersebut baru diterima dari jaksa pengawas dan segera didalami. Ketika ditanya apakah ada dugaan aliran uang yang diterima Pinangki, Febri belum bisa memastikan.
ADVERTISEMENT
"Kita belum memulai dan ini baru sampai kemarin di rekan-rekan jaksa Pidsus, tentunya akan segera kita ambil sikap. Bagaimana dari hasil pendalaman pemeriksaan dari pengawasan tersebut," kata dia.
Diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan jaksa pengawas, Pinangki dijatuhi hukuman disiplin berat. Pinangki dicopot dari jabatan Kepala Sub-Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan. Pinangki dicopot lantaran pergi ke luar negeri sebanyak 9 kali pada 2019 tanpa izin tertulis atasan.
Di antara berpergian ke luar negeri tersebut, Pinangki sempat bertemu dengan Djoko Tjandra. Tak diketahui dalam 9 kali berpergian itu, berapa kali Pinangki bertemu dengan terpidana cessie Bank Bali itu.
Kejaksaan Agung Usut Dugaan Pidana Pertemuan Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra (355602)
Dokumen perjalanan Pengacara Djoko Tjandra Jaksa Pinangki ke Kuala Lumpur. Foto: MAKI
Atas dasar adanya pertemuan itulah, kata Febri, jaksa pada Jampidsus kini mengusut dugaan adanya pidana dalam polemik Djoko Tjandra yang melibatkan Jaksa Pinangki.
ADVERTISEMENT
"Semuanya nanti akan kita perdalam, ini karena sudah sampai di Pidsus dan kemarin sudah saya sampaikan ke timnya untuk memperdalam apa yang terjadi hasil pemeriksaan pengawasan, setelah itu kita bersikap," kata Febri.
"Saya kira tidak lama, beberapa hari nanti dari rekan-rekan Jaksa Pidsus sudah ada pendapat," pungkasnya.