kumparan
6 November 2019 14:18

Kemenag DIY Masih Kerja Sama dengan LPPOM MUI soal Sertifikasi Halal

Ilustrasi Halal
Ilustrasi Halal. Foto: Shutter Stock
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY sejak 17 Oktober melaksanakan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH). Namun penerbitan sertifikat halal masih bekerja sama dengan LPPOM MUI DIY.
ADVERTISEMENT
Kakanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan, mengatakan pihaknya masih menunggu penetapan Lembaga Pemeriksaan Halal (LPH) oleh pusat.
“Kami nanti sambil menunggu LPH yang ditunjuk siapa karena selama ini kan proses sertifikasi melalui LPPOM MUI. LPH itu kan yang mengajukan ada dua dari laboratorium UGM dan UIN yang memenuhi syarat, tapi belum ada penetapan. Kami kemudian masih kerja sama dengan LPPOM MUI,” kata Edhi di sela-sela Pelantikan Sekda di Kepatihan Pemda DIY, Rabu (6/11).
Sejak dibuka 17 Oktober lalu, sudah ada 38 masyarakat yang mengajukan izin sertifikasi halal. Pihaknya juga sudah membentuk satgas khusus dan menyebarkan pamflet-pamflet tentang prosedur pengajuan sertifikasi halal.
“Langsung ke Kemenag dengan menanyakan persyaratan dan prosedur. Nanti menerima dokumen dan disampaikan ke kanwil. Proses dalam sertifikasi ini paling banyak di kanwil dan pusat,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan