kumparan
15 Juni 2019 0:09

Kemenkumham Jabar Periksa Setnov soal Pergi ke Toko Bangunan

Setya Novanto usai pemeriksaan di KPK
Setya Novanto usai pemeriksaan di KPK Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Terpidana kasus korupsi E-KTP Setya Novanto terciduk kamera sedang berada di sebuah toko bahan bangunan di kawasan Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6) siang.
ADVERTISEMENT
Padahal, pria yang akrab disapa Setnov tersebut diketahui sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa, Kota Bandung, dengan mendapat pengawalan dari petugas lapas dan polisi sejak 12 Juni lalu. Setnov baru kembali ke Lapas Sukamiskin malam ini.
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak, belum bisa memastikan apakah benar Setnov sempat berada di Padalarang atau tidak. Setnov harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu terkait kejadian ini dan kepastiannya akan disampaikan pada Selasa atau Rabu mendatang.
"Selasa atau Rabu bisa selesai (pemeriksaannya). Kita akan tahu benang merahnya di mana. Jadi saya lakukan tindakan dulu agar tidak berkelanjutan," terang Liberti di Lapas Sukamiskin, Jumat (14/6) malam.
Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak, Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto
Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak (kiri), Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto (kanan) di Lapas Sukamiskin, Bandung. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Atas kejadian tersebut, Liberti menyampaikan permohonan maaf kepada publik.
ADVERTISEMENT
"Atas nama Kemenkumham saya mohon maaf kepada publik dan penegak hukum bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kelemahan dan kesalahan kami dan atas konsekuensinya pemeriksaan sudah dilakukan tapi belum bisa dipastikan," kata dia.
Saat ini, Setnov telah diberangkatkan ke Gunung Sindur menggunakan mobil ambulans berwarna abu sekitar pukul 22.30 WIB dan mendapat pengawalan yang ketat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan