News
·
12 Februari 2021 18:22

Kemhan Gelar Rakor Penetapan Panitia Pusat Komponen Cadangan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kemhan Gelar Rakor Penetapan Panitia Pusat Komponen Cadangan (56366)
Pelatihan Bela Negara untuk Aparatur Sipil Negara. Foto: Kementerian Pertahanan RI
Kementerian Pertahanan terus mematangkan proses rekrutmen anggota Komponen Cadangan (Komcad). Kali ini, Kemhan menggelar rapat koordinasi penetapan Panitia Pusat Pembentukan Komcad 2021.
ADVERTISEMENT
"Tujuan diadakannya rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab Panitia Pusat dalam Pembentukan Komponen Cadangan," kata Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (12/2).
Dalam rapat, dibahas bagaimana panitia pusat rekrutmen Komcad nanti akan dibentuk. Tujuanya, ada kesepakatan soal pelaksanaan seleksi pembentukan Komcad.
"Oleh karena itu diperlukan sinergitas dan kerja sama antarinstansi terkait, terutama TNI, sehingga menghasilkan kesepakatan tentang susunan Panitia Pusat yang akan melaksanakan seleksi Pembentukan Komponen Cadangan," tutup Dadang.
Komponen Cadangan merupakan program pelibatan masyarakat dalam upaya meningkatkan pertahanan negara. Warga bisa mendaftar secara sukarela menjadi bagian dari Komcad tentu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan Kemhan.
ADVERTISEMENT
Warga yang lolos seleksi akan dilatih oleh jajaran TNI di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan kecabangannya. Warga yang lulus dari pelatihan Komcad selama 3 bulan diharapkan siap mengabdi kepada negara bila panggilan itu datang sebagai bagian dari Pertahanan Rakyat Semesta.