News16 September 2020 15:46

Kenangan Sandiaga Tentang Sosok Sekda DKI Saefullah: dari Guru Menjadi Sekda

Konten Redaksi kumparan
Kenangan Sandiaga Tentang Sosok Sekda DKI Saefullah: dari Guru Menjadi Sekda (243995)
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, melantik 2.650 pejabat Eselon III dan Eselon IV DKI Jakarta. Foto: Dok. Humas Pemprov DKI
Kabar duka datang dari jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta. Saefullah yang selama tujuh tahun belakangan ini dikenal sebagai Sekda DKI Jakarta, tutup usia setelah berjuang melawan COVID-19 sepekan belakangan.
ADVERTISEMENT
Kepergian Saefullah itu juga meninggalkan duka bagi mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. Sandi mengaku, ia sudah lama mengenal Saefullah, dari sejak ia masih berurusan dengan Pemprov DKI sebagai pengusaha, hingga akhirnya sempat bekerja bersama sebagai Wakil Gubernur.
"Beliau terkenal sebagai birokrat paling berpengalaman, kariernya dari bawah sekali, dari seorang guru, guru SD tepatnya, dan beliau terus meningkat kariernya sampai akhirnya ada di jajaran tertinggi dan merupakan ASN tersenior dalam usianya yang cukup muda sebagai Sekda," tutur Sandi dalam keterangannya, Rabu (16/9).
Kenangan Sandiaga Tentang Sosok Sekda DKI Saefullah: dari Guru Menjadi Sekda (243996)
Sandiaga Uno memberikan keterangan dalam acara webinar. Foto: Dok. Istimewa
"Setelah mengikuti prosesi pilkada dan dilantik, saya berkesempatan mendapat kehormatan bekerja hampir satu tahun bersama beliau. Di sinilah saya melihat beliau ini adalah Man of Action, orang yang mampu bekerja secara diam-diam, tidak terlalu gembar-gembor, tidak terlalu mencari headline istilahnya, tapi selalu menyelesaikan masalah," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Sandi mengakui, seluruh prestasi Pemprov DKI dalam menangani berbagai masalah tak lepas dari peran Saefullah yang menjembatani antara DPRD, Pemprov DKI, dan kementerian atau lembaga lain. Selain itu, kata Sandi, Saefullah juga berperan penting dalam mengembangkan perekonomian di Jakarta.
"Waktu saya dan Pak Gubernur sampaikan kita inginkan harga bahan pokok dan biaya hidup warga Jakarta harus stabil dalam kondisi yang terjangkau. Beliau memiliki komitmen yang sama, sehingga melalui 3 BUMD, Food Station, PD Pasar Jaya, dan juga Dharma Jaya kami berhasil pada saat itu mampu untuk menekan harga bahan pokok, menekan biaya hidup, biaya kesehatan, dan biaya pendidikan," ungkap Sandi.
Sandi berharap, kerja keras Saefullah bisa menjadi diingat dan menjadi para ASN lainnya, terutama di jajaran Pemprov DKI. Ia juga berdoa, semoga amal ibadah Saefullah bisa diterima di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosanya.
ADVERTISEMENT
"Semoga Bapak Saefullah inspirasinya menjadi motivasi rekan-rekan ASN Pemprov DKI dan menjadi teladan. Selamat jalan Pak H Saefullah, semoga Allah SWT memberikan ridho. Semoga beliau dilapangkan kuburnya, diterangkan alam barzahnya, diterima Allah SWT di sisi terbaiknya, diampuni segala dosanya," pungkasnya.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white