kumparan
News12 September 2019 10:11

Ketua KNPB Mimika Ditangkap, Diduga Terlibat Kerusuhan Papua

Konten Redaksi kumparan
KONTEN SPESIAL LIPSUS, DETEKTIF SWASTA, Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Polda Papua menangkap Ketua KNPB Mimika berinisial SI, Rabu (11/9) sekitar pukul 17.56 WIT di Gerbang Universitas Cendrawasih Papua.
ADVERTISEMENT
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, SI diduga terlibat kerusuhan Papua. SI juga memiliki catatan kriminal pada 2012, 2016, dan 2018.
“Ya betul, sekarang sedang didalami perannya,” kata Dedi lewat keterangan tertulisnya, Kamis (12/9).
Dedi mengungkapkan, SI diduga mengumpulkan massa di Mimika. Selain itu, dia juga berkoordinasi dengan Ketua KNPB Pusat Benny Wenda untuk membuat kericuhan.
“Ditemukan juga barang bukti uang Rp 5,5 juta beserta alat komunikasi,” ujar Dedi.
Kondisi Pelabuhan Jayapura
Kios dan rumah warga depan pelabuhan Jayapura. Foto: Bumi Papua
Sebelumnya, Mabes Polri menurunkan tim untuk memeriksa kedua otak kericuhan Papua berinisial AG dan FKB. Sejauh ini diketahui keduanya mengumpulkan tokoh sebelum demo.
“FK dan AG sempat mengumpulkan tokoh sebelum aksi kericuhan,” kata Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (9/9).
ADVERTISEMENT
Dedi mengatakan, tokoh tersebut diminta menghadirkan massa dalam jumlah banyak. Namun, ternyata saat unjuk rasa berlangsung kedua tersangka membuat provokasi sehingga massa terpancing.
“Dari hasil penggeledahan, di rumah susun Jayapura kita ketahui kerusuhan di Jayapura adalah bukan spontanitas daripada mendesain kerusuhan itu,“ ujar Dedi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan