News
·
13 Januari 2021 16:32

Ketua Komisi III: Semoga Listyo Sigit Bisa Rangkul Senior dan Junior di Polri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketua Komisi III: Semoga Listyo Sigit Bisa Rangkul Senior dan Junior di Polri (128492)
Ketua Komisi III DPR Herman Hery. Foto: Ricad Saka/kumparan
Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi ke DPR. Nantinya, Komjen Listyo Sigit harus mendapatkan persetujuan DPR agar resmi dilantik jadi Kapolri baru.
ADVERTISEMENT
Ketua Komisi III DPR Herman Hery menyambut baik pilihan Presiden Jokowi pada Komjen Listyo Sigit Prabowo.
"Pandangan kami di Komisi III, figur Listyo Sigit adalah figur reformatif. Kami berharap jenderal muda ini bisa membawa pembaharuan di tubuh Polri," kata Herman seusai rapat internal di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1).
Politikus PDIP itu berharap Komjen Sigit bisa menjadi pimpinan Polri yang negarawan dan bisa mengakomodir semua pihak.
"Artinya semua angkatan di Polri dengan sistem profesional dan bisa merangkul senior dan junior, mempersatukan dan mensolidkan institusi Polri. Itu harapan kami," beber Herman.
Lebih lanjut, kata Herman, dari hasil rapat internal Komisi III, mayoritas anggota komisi berharap Komjen sigit melakukan terobosan-terobosan pembaharuan.
Ketua Komisi III: Semoga Listyo Sigit Bisa Rangkul Senior dan Junior di Polri (128493)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
"Artinya mayoritas komisi III menerima dan berharap," tutur Herman.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Herman menegaskan soal sikap akhir komisi tergantung dari fit and proper test pekan depan.
"Di situ publik bisa melihat apa yang dipertanyakan, apa yang menjadi komitmen, dan bagaimana jalannya fit and proper test tersebut. Lalu hasilnya nanti akan kita lihat sama-sama nanti," pungkas Legislator dapil NTT itu.
Komjen Sigit merupakan alumni Akpol 91. Ia kini menjabat Kabareskrim. Sebelumnya, Sigit merupakan Kapolda Banten, Kadiv Propam Polri dan pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi saat masih berpangkat Komisaris Besar Polisi.