News
·
7 November 2020 16:22

Kiat Perangi Narkoba di Medan: Akhyar Bangun BNN, Bobby Buat Creative Hub

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kiat Perangi Narkoba di Medan: Akhyar Bangun BNN, Bobby Buat Creative Hub (570733)
Akhyar Nasution dan Salman Al Farisi saat menerima rekomendasi dari PKS. Foto: Dok. Istimewa
Permasalahan narkoba yang masih merajalela menjadi salah satu sorotan dalam debat perdana Pilwalkot Medan. Lantas, strategi apa yang dimiliki paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman dalam mengatasi persoalan narkoba?
ADVERTISEMENT
Paslon nomor urut 1, Akhyar-Salman, memiliki rencana untuk membentuk BNN Kota Medan. Sebab, selama ini belum ada BNN kota, begitu juga dengan gedungnya.
"BNN kota akan kita bentuk. Yang selama ini kita belum ada gedungnya, tapi syukur alhamdulilah kita sudah ada gedungnya. Selama saya jadi Plt sudah ada gedungnya, tahun 2021 ini kita serahkan dan kita minta supaya dibentuk kepada Kemen PAN-RB (bentuk) BNN Kota Medan," jelas Akhyar dalam debat perdana Pilkada Medan, Sabtu (7/11).
Ia menjelaskan, untuk pembentukan BNN Kota Medan, pemkot sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Termasuk dalam penyiapan personelnya.
Kiat Perangi Narkoba di Medan: Akhyar Bangun BNN, Bobby Buat Creative Hub (570734)
Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution sebelum debat perdana. Foto: Rahmat Utomo/kumparan
Selain itu, pencegahan narkoba di lingkungan Pemkot Medan juga akan ditegakkan. Akhyar menegaskan tak ada ampun bagi ASN maupun tenaga honorer yang kedapatan menggunakan narkoba.
ADVERTISEMENT
"Siapa pun dia, baik ASN atau pegawai honor yang terlibat narkoba itu dipecat tanpa ampunan apa pun, dan itu sudah kami praktikkan. Jadi ketegasan kita untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba," tegas dia.
Sementara itu, cawalkot Salman juga menyampaikan fokus pencegahan narkoba lainnya dengan pembinaan masyarakat melibatkan tokoh-tokoh agama.
"Merangkul masyarakat untuk kerja sama dalam suasana berkawan, merangkul seluruh aktivis, ormas-ormas, sehingga narkoba bisa dicegah sampai kampung-kampung," tutur Salman.

Strategi Bobby-Aulia Perangi Narkoba

Cara lain akan dilakukan paslon nomor urut 2, Bobby-Aulia. Dalam mencegah penyebaran narkoba oleh pelajar, cawalkot Aulia berencana meningkatkan inovasi dan kualitas guru dalam proses pembelajaran.
Kiat Perangi Narkoba di Medan: Akhyar Bangun BNN, Bobby Buat Creative Hub (570735)
Paslon Pilwalkot Medan Akhyar Nasution- Salman Al- Farisi dan Bobby Nasution- Aulia Rachman. Foto: Dok. Istimewa
Selain itu, mereka juga akan membangun creative hub bagi pelajar-pelajar sehingga mereka akan memiliki kesibukan yang lebih bermanfaat.
ADVERTISEMENT
"Kami akan buka creative hub. Ini akan sangat membantu daripada diri anak-anak tersebut. Karena pelajar banyak waktu kosong dan harus diisi dengan satu inovasi yang membangkitkan," jelas Aulia.
Lebih lanjut, Bobby mengungkapkan selama ini belum melihat fasilitas-fasilitas terbuka di Kota Medan mampu menjadi tempat berekspresi bagi anak-anak muda.
"Contoh ruang terbuka hijau, taman-taman kota belum memberikan fasilitas ekspresi kepada pelajar untuk bisa ada di situ bisa. Kita sediakan wi-fi, bisa jadi taman rekreasi, gimana anak-anak muda kita menghabiskan waktunya dengan hal-hal yang positif," jelas Bobby.
Terakhir, Bobby-Aulia juga akan melakukan pengecekan berkala bagi pelajar dan ASN, seperti tes urine. Sehingga, tak ada lagi masyarakat yang menggunakan narkoba.